ANEKA

Perumahan Harus Siapkan TPS

GOWA, UPEKS.co.id–Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) kabupaten Gowa  saat ini melakukan verifikasi untuk penyerahan fasilitas umum (Fasum) dan fasilitas sosial (Fasos) di tiap  perumahan.

Hal ini dilakukan Tim Teknis Dinas Perkimtan Gowa untuk menindak lanjuti permintaan Bupati Gowa Adnan  Purichta Ichsan terkait pencabutan izin perumahan yang tidak memiliki Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

Kepala Dinas Perkimtan Gowa Abdullah Sirajuddin mengatakan, sejauh ini pihaknya masih melakukan verifikasi  penyerahan Fasum dan fasos ditiap perumahan.

Menurutnya verifikasi ini penting, sebab perumahan yang ada khususnya di kecamatan Somba Opu sudah lama  terbangun. Sementara Dinas Perkimtan Gowa baru terbentuk 2017 lalu.

“Kita verifikasi dulu perumahan yang sudah ditelantarkan dan perumahan yang masih ada pengembangnya.  Khusus untuk perumahan yang ditelantarkan kami menunggu penyerahan aset dari pengembang ke Pemda,”  katanya saat dikonfirmasi, Kamis, (10/10/2019).

Abdullah menuturkan, selama belum ada penyerahan aset maka Pemda tidak boleh melakukan pemeliharaan dan  pembangunan fasum dan fasos seperti pembangunan jalan dan penyediaan TPS berdasarkan Permendagri No.9  Tahun 2009.

“Sejauh ini belum ada perumahan di Gowa yang dicabut izinnya karena tidak memiliki TPS. Kami masih menunggu  hasil verifikasi dari Tim Teknis,” tuturnya.

Permintaan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bagi setiap perumahan untuk menyediakan TPS bukan tanpa  alasan. Ia menilai jika ada perumahan yang kotor di Gowa, maka otomatis Pemerintah Kabupaten Gowa akan  mendapatkan sorotan.

“Ini PR bagi Perkimtan Gowa. Saya sudah sampaikan agar semuanya menyediakan TPS. Kalau perlu jangan  dikasi keluar izinnya jika ada perumahan yang tidak memiliki TPS,” tegas Adnan. (sofyan)

#TRENDING

To Top