MAKASSAR CITY

BMKG Stasiun Klimatologi kelas I Maros Gelar SLI Tahap II

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hal ini Stasiun Klimatologi kelas I Maros gelar Sekolah Lapangan Iklim (SLI) tahap II di Hotel Novotel, Kamis (10/10/2019).

Deputi Klimatologi BMKG Herizal mengatakan kegiatan SLI untuk  mendukung ketahanan pangan masyarakat petani.

Ia berharap peserta Sekolah Lapang Iklim diharapkan ketika selesai mengikuti kegiatan tersebut bisa menginformasikan kepada para petani sekaitan dengan perubahan iklim saat terkadang tidak menentu. Sehingga dampak negatif berupa gagal panen atau penurunan produktivitas petani dapat dihindari.

“Peningkatan produktivitas pertanian tentu tidak lepas dari masalah iklim. Jika masalah bibit dan lahan dapat dilakukan melalui rekayasa, maka masalah iklim yang menjadi faktor pembatas hanya bisa diketahui dan dianalisa lewat ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Herizal.

Herizal menyebut ada tiga komponen saling berkaitan dalam mendukung ketahanan pangan, yakni bibit, lahan dan iklim. Persoalan bibit dan lahan sudah bisa direkayasan, sementara iklim masih belum bisa.

“Iklim memang jadi faktor pembatas, yang hanya bisa kita kenali dan analisa lewat ilmu pengetahuan dan teknologi,” tambah Herizal.

Akan tetapi, tambahan pengetahuan kepada para petani soal iklim diyakini mampu meningkatan produktivitas pertanian.

“Itulah sebabnya, sekolah lapang seperti ini akan terus kita tingkatkan,” ungkapnya. (Rasak).

Loading...

#TRENDING

To Top