UPT Pendidikan Karakter dan Dakwah UMI Pelatihan Karakter Karyawan

 

UPT Pendidikan Karakter dan Dakwah UMI Pelatihan Karakter Karyawan

Bacaan Lainnya

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Unit Pelaksana Teknis Pendidikan Karakter dan Dakwah UMI menggelar Pelatihan  Karakter bagi Karyawan UMI di Aula Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, M.A., Kamis (26/9).

Rektor UMI, Prof. Dr. H. Basri Modding, S.E., M.Si. menegaskan, pelatihan ini ditujukan sarana mencapai visi UMI  dan memberikan pemahaman kepada karyawan mengenai karakter yang ingin dibentuk di UMI.

“Ini sarana mencapai visi UMI untuk menghasilkan manusia berilmu amaliah, beramal ilmiah dan berakhlaqul  karimah serta berdaya saing tinggi. Sehingga karyawan perlu diberikan pemahaman mengenai karakter yang ingin  dibentuk di UMI”, ungkapnya.

Tiga hal yang perlu dimiliki masyarakat Abad 21. Ppendidikan karakter, kompetensi dan literasi. Pendidikan  karakter meliputi karakter moral dan karakter kinerja. Kemudian, kompetensi yang harus dimiliki antara lain kritis,  kreatif, komunikatif dan kolaboratif sedangkan literasi merupakan sarana untuk membuka wawasan”, jelas Guru  Besar Fak. Ekonomi UMI ini.

Ketua UPT PKD UMI, Dr. H. Ishaq Shamad, M.A. menyatakan, Unit Pelaksana Teknis Pendidikan Karakter dan  Dakwah berupaya untuk merespon keinginan Rektor menjadikan UMI sebagai pusat pendidikan karakter nasional.

“Kami telah sempat dihubungi beberapa pihak, termasuk salah satu perguruan tinggi Islam negeri yang ingin  mengikutsertakan ribuan mahasiswa barunya untuk mengikuti Pesantren Mahasiswa di UMI”, ungkap alumni  Fakultas Agama Islam UMI ini.

Ishaq Shamad menambahkan, UMI juga menerapkan berbagai bentuk pendidikan karakter. “Beberapa bentuk  pendidikan karakter di UMI diantaranya: pesantren kilat, pencerahan qalbu, kultum dan kajian keislaman, pelatihan  pendidikan karakter, pelatihan da’i, imam rawatib dan khatib, mata kuliah ciri khusus, penegakan shalat berjamaah,
dan zikir awal bulan”, urainya.

Ketua Pembina YW UMI, Prof. Dr. H. M. Mansyur Ramly dalam pemaparan materinya mengemukakan 6 komitmen  Ke-UMI-an dalam menjawab tantangan masa depan.

“Komitmen ke-UMI-an yang harus menjadi pedoman bagi karyawan UMI antara lain bekerja ikhlas dan amanah,  berfikir kritis dan pandai bersyukur, memperkuat kebersamaan (jamaah), memberikan layanan prima, berorientasi  mutu, serta bekerja untuk kemaslahatan umat”, jelasnya.

Selanjutnya, Wakil Rektor IV UMI, KH. M. Zein Irwanto, M.A. mengemukakan 16 Karakter Pencerahan Qalbu UMI.

“Diantaranya senantiasa taat kepada Allah serta sabar, syukur dan ikhlas. Cerdas, jujur, bertanggung jawab dan  bermanfaat yang tercermin dari pribadi individu. Senantiasa saling kasih sayang, menghargai dan tolong menolong  kepada sesama manusia. Cinta tanah air, menjaga lingkungan, menghargai keragaman, dan semangat  kebangsaan di lingkungan masyarakat”, jelasnya. (rls).

Pos terkait