Sosialisasi Advokasi dan Program KKBPK di Sulsel

  • Whatsapp

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Acara sosialisasi advokasi dan program KKBPK bersama mitra kerja di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Hotel Grand Celino, Minggu (22/9/2019).

Kegiatan dimulai pukul 08.00 Wita, dimana peserta langsung menempati kursi yang telah disediakan. Peserta disuguhi oleh penampilan dari musisi jalanan Makassar KPJ Sucer.

Bacaan Lainnya

Sebelum dimulai, dibuka dengan lagu Indonesia Raya dan Mars KB yang diikuti oleh seluruh peserta.

Tampil sebagai narasumber pertama, yakni Kabid Dalduk Dinas DPPKB Kota Makassar, Drs. Ramli, M.Si.

Menurut Ramli, program KKBPK sangat penting untuk diedukasi ke masyarakat dikarenakan untuk mewujudkan keluarga yang terencana.

Lanjut Ramli, usia ideal untuk wanita menikah, yaitu usia 21 tahun keatas dan pria di usia 25 tahun keatas dengan berbagai macam pertimbangan seperti kesiapan psychology dari kedua belah pihak.

“Harus kita berperan dan mengedukasi masyarakat,” tandasnya.

 Sementara, Anggota Komisi IX DPR RI, Jalaluddin Akbar R, SH yang menjadi narasumber kedua mengatakan, keluarga berencana tidak melarang punya anak, akan tetapi perlu ditinjau dari dampak yang dirasakan seperti, apabila keluarga tidak terencana berarti akan menambah jumlah populasi penduduk tetapi tidak menambah luasan wilayah.

“Artinya akan ada hutan yang dahulunya menjadi sumber oksigen bagi kita sebagai mahluk hidup akan digantikan menjadi pemukiman,” ujarnya.

Jalaluddin juga menyampaikan, negara harus hadir memberikan fasilitas, baik sandang maupun papan termasuk kesehatan dan perhatian kepada masyarakat.

“Dengan adanya BKKBN dengan program KKBPK yang bertujuan untuk pengembangan kehidupan agar tidak bermasalah,” tandasnya.

Narasumber terakhir, yakni Kabid Advokasi Pengarahan dan Informasi BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, H. Amirullah Hamzah, SH. MH mengucapkan terimakasih kepada mitra-mitra yang telah membantu dan merealisasikan program kegiatan sosialisasi ini.

Amirullah juga membahas tuntas apa yang telah disampaikan diawal oleh Drs. Ramli, M.Si mengenai program KKBPK.

Sebelum kegiatan ditutup, dilakukan sesi tanya jawab dengan hadiah yang telah disiapkan dan dilanjutkan pembagian doorprize kepada peserta kegiatan secara undian. (ris)