Sofyan Syam Sosialisasi Perda Pengelolaan Hutan Rakyat di Desa Kabba

  • Whatsapp

Sofyan Syam Sosialisasi Perda Pengelolaan Hutan Rakyat di Desa Kabba

PANGKEP,UPEKS.co.id — Dihadiri kepala desa Kabba, Nasrullah, aparat desa, serta ratusan warga desa Kabba,  anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan, Sofyan Syam menggelar sosialisasi  penyebarluasan produk hukum daerah Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 4 tahun 2015 tentang Pengelolaan hutan  rakyat.

Bacaan Lainnya

Sosialisasi penyebarluasan produk hukum daerah digelar di aula kantor desa Kabba, Kecamatan Balocci, Jumat  (20/9/19).

Dikatakan Sofyan, salah satu tugasnya sebagai wakil rakyat adalah menyebarluaskan produk hukum daerah hasil  godokan DPRD.

Lanjutnya, Sulawesi Selatan memiliki potensi Hutan Rakyat yang cukup besar yakni seluas 295.926 hektar, yang  tersebar di semua Kabupaten/Kota perlu dikelola untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani hutan  serta membuka kesempatan kerja dan peluang usaha melalu berbagai model pengelolaan, pembinaan,
pemberdayaan, pendampingan dan penerapan teknologi tepatguna dan fasilitas pemasaran hasil.

“Sebagaimana dalam perda tersebut, penyelenggaraan kehutanan bertujuan untuk sebesar-besarnya  kemakmuran rakyat yang berkeadilan dan berkelanjutan dengan meningkatkan kemampuan untuk  mengembangkan kapasitas dan keberdayaan masyarakat secara partisipatif, berkeadilan, dan berwawasan  lingkungan sehingga mampu menciptakan ketahanan sosial dan ekonomi serta ketahanan terhadap akibat  perubahan eksternal dan menjamin distribusi manfaat yang berkeadilan dan berkelanjutan,”ujarnya.

Sementara itu, Andi Sukri, Kepala seksi pengawasan cabang dinas kehutanan, mengatakan, saat ini dinas  kehutanan Provinsi mengembangkan potensi hutan rakyat.

“Sehingga hutan rakyat produktif untuk kesejateraan bersama. Bisa ditanam mahoni, jambu mente ataupun yang  bernilai ekonomi,”ucapnya.(Sah)

Pos terkait