Gabungan Jurnalis Bantaeng Kecam Kekerasan pada Wartawan

  • Whatsapp

Gabungan Jurnalis Bantaeng Kecam Kekerasan pada Wartawan

BANTAENG,UPEKS.co.id—Sejumlah Wartawan yang mengatasnamakan Gabungan Jurnalis Bantaeng  menggelar aksi damai di Depan Kantor Mapolres Kabupaten Bantaeng,Kamis,26 September 2019.

Bacaan Lainnya

Aksi damai ini diterima langsung oleh Kabag Sumda polres Bantaeng AKP Kuswanto, Paur Humas Polres  Bantaeng Aipda Sandri beserta jajaran polres Bantaeng.

Alimin, Ketua JOIN Kabupaten Bantaeng yang juga sebagai kordinator lapangan mengatakan,demokrasi akan  berkembang baik jika Pers juga berkembang dengan baik. Karena itu Pers harus dijaga.Namun,Lagi lagi tindakan  arogansi dari oknum oknum yang tak bertanggungjawab mencederai sejarah sejarah yang ada,kata dia.

Aksi damai ini dilakukan karena adanya tiga Jurnalis Makassar jadi korban pengeroyokan polisi, saat meliput aksi  demo.

Adapun tuntutannya adalah mendesak Kapolri Jend.Pol.Tito Karnavian mengusut tuntas dan menindak tegas oknum polisi pelaku tindak kekerasan terhadap jurnalis saat meliput unjuk rasa mahasiswa di Makassar dan  menegakkan dan mengembalikan muruah Undang Undang Pers Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

Selain itu,juga mendesak Kapolri Jend.Pol.Tito Karnavian untuk segera meminta maaf secara terbuka dan disiarkan melalui media massa elektronik,cetak,digital,serta media jejaring sosial atas tindakan refresif oknum polri Makassar.

Selain itu minta agar seluruh kantor polres jajaran polda SulSel,terkhusus di Kabupaten Bantaeng mengibarkan  bendera setengah tiang sebagai tanda dimatikannya kebebasan Pers Indonesia atas tindakan arogansi oknum  polri,sebagai aksi keprihatinan sekaligus permohonan maaf jajaran polda SulSel atas kekerasan terhadap rekan  rekan jurnalis oleh oknum anggota polri di Makassar.

Sementara itu Kabag Sumda Polres Bantaeng AKP.Kuswanto mengatakan,pihak kepolisian meminta maaf yang  sebesar besarnya kepada jurnalis yang kena tindakan kekerasan,dan pihak polda sudah menindaklanjuti dan  sementara dalam proses,kata dia.

Lanjut kata dia,apa yang sudah disampaikan oleh rekan rekan media, baik media cetak maupun online yang ada di  Bantaeng,akan saya sampaikan ke Kapolres dan selanjutnya akan dilanjutkan ke kapolda untuk menindak oknum  yang berbuat tindakan kekerasan kepada rekan jurnalis,jelasnya.(IPA).

Pos terkait