BPN Selayar Gelar Penyuluhan di Desa Bontonasaluk Selayar

  • Whatsapp
BPN Selayar Gelar Penyuluhan di Desa Bontonasaluk Selayar

Selayar, Upeks.co.id-Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kepulauan Selayar, melakukan penyuluhan Redistribusi Tanah di Mesjid Babul Jannah, Dusun Benteng Pancasila Utara dan Selatan, Desa Bontona Saluk Kecamatan Bontomatene Kabupaten Kepulauam Selayar Senin (16/09/2019).

Penyuluhan dilakukan terkait BPN Selayar, telah menyelesaikan pengukuran Tanah pertanian milik warga Desa, sebanyak 140 bidang yang sebelumnya dilakukan di Kecamatan lain di Kepulauan Selayar.

Bacaan Lainnya

Pengukuran tersebut adalah merampungkan kuota dari program redistribusi tanah obyek landreform, kantor wilayah BPN Sulsel.

Kepala BPN Selayar  H.Muhammad Naim,S.SiT., M.H mengatakan dalam penyuluhannya bahwa program ini dalam pelaksanaannya adalah program gratis.jika ada pembiayaan lain dan itu adalah hasil musyawarah desa itu diluar kewenangan BPN.

Dikatakannya bahwa Pembiayaan yang dimaksud adalah pembiayaan berupa pra sertifikasi, misalnya pembiayaan patok dan pembelian materai,itu pun kalau ada pembiayaan dari hasil musyawarah Desa, dan disampaikan tidak boleh lebih dari 180 ribu dan boleh dibawahnya sesuai kesepakatan musyawarah.jelas Muh Naim

“Ia menegaskan jika ada oknum yang mengatas namakan bahwa ini dari BPN, tolong dilaporkan ke saya”tegasnya
Sementara itu Plt Kades Bontona Saluk, Abd Hamid dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada pihak BPN yang memberikan kemudahan kepada warganya untuk mensertifikasi lahan pertanian milik warga.

Olehnya itu Kades Bontona Saluk Abd Hamid minta, kepada warga agar “jangan karena persoalan batas perkebunan sehingga timbul pertentangan sesama warga”, kata Plt Kades Abd. Hamid.

Kegiatan penyuluhan ini selain dihadiri kepala BPN Selayar H.Muhammad Naim,S.SiT.,M.H bersama rombongan yang terdiri dari 6 orang, diantaranya pejabat BPN Selayar, Muh. Arpin, Wahidin, Saldi Amir, Patta intang, Andi Sikki, Ahmad.Juga dihadiri Plt Kades Bontona Saluk, Abdul Hamid, mantan Kades Ahmad Yani, Ketua dan anggota BPD, Kepala Dusun dan warga lainnya (Sya)

Pos terkait