Guru Besar Unhas Prof Rakhmat, Beri Kuliah Umum di Kampus IISIP Yapis Biak

Guru Besar Unhas Prof Rakhmat, Beri Kuliah Umum di Kampus IISIP Yapis Biak

MAKASSAR,UPEKS.co.id—Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Yapis Biak, Papua di Kabupaten Biak Numfor,  Sabtu (21/9/2019) siang gelar kuliah umum.

Bacaan Lainnya

Kuliah yang bertema “Pendekatan Pembangunan Untuk Indonesia Perspektif Politik Pembangunan Dan  Birokrasi” dibuka Rektor IISIP Yapis Biak Papua Drs. Djamil Hasim M.Si.

Guru Besar Unhas yang juga Ketua Program Studi Administrasi Publik S3 Pascasarjana Unhas, Prof. DR.  Rakhmat, MS, saat membawakan kuliah umum menjelaskan, permasalahan pembangunan di Indonesia sangat  kompleks

“Diantaranya permasalahan kemiskinan dan kesenjangan; permasalahan pangan, pendidikan dan kesehatan;  permasalahan sumber daya manusia; permasalahan infrastruktur dan permasalahan kesejahteraan,” ungkap  Guru Besar Unhas ini.

Dicontohkannya, Permasalahan Sumber Daya Manusia (SDM). Suatu bangsa dikatakan maju dan disegani bangsa lain ketika memiliki SDM maju seperti Jerman, Jepang dan Singapura.

“Untuk membangun SDM berkualitas, yang perlu diperhatikan sektor pendidikannya (education) dan untuk  mencapai itu, pemerintah harus konsen dengan pendidikan dalam rangka mendorong SDM unggul,” paparnya.

Ditambahkannya, Pendekatan Pembangunan dalam perspektif politik pembangunan yang dapat dilaksanakan  antara lain pendekatan berkelanjutan dan berkeadilan, Pendekatan ekonomi dan politik, Pendekatan sosial  budaya dan Pendekatan integral dan konektifitas,.

Kuliah umum diikuti 443 mahasiswa IISIP Yapis Biak terdiri dari semester 1 dan semester 7 yang akan  melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Periode 2019-2020. (rus).

Pos terkait