RAGAM

Kloter 18 Awali Gelombang Kedua Debarkasi Makassar

MAKASSAR, Upeks.co.id–Kedatangan kloter 18 UPG yang merupakan kloter terakhir bagi jemaah haji asal Provinsi Papua, sekaligus sebagai Kloter yang mengawali gelombang II yang diberangkatkan dari Bandara Madinah menuju embarkasi/debarkasi Makassar. 455 orang jemaah haji yang mengisi kloter 18 pulang lengkap ke Tanah Air pada Sabtu dini hari (31/08/2019) pukul 01.26 WITA.

Rangkaian perjalanan ibadah haji yang memberikan banyak pelajaran dan makna diharapkan memberikan dampak positif bagi kehidupan sehari-hari, baik pengabdian sebagai hamba dalam beribadah pada Allah Swt., maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, bermasyarakat, hingga bagi keluarga. Hal ini disampaikan Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, sekaligus mewakili PPIH Embarkasi/Debarkasi Makassar, H. Masykur.

“Semoga bisa memberikan warna, syiar, contoh teladan, kepada seluruh masyarakat yang ada di sekitar kita bahwa inilah kami, haji yang baru kembali pulang ke Tanah Air,” ungkapnya.

Mewakili Pemerintah Provinsi Papua, Kepala Bidang Haji dan Bimas Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua H. Ahmad Furu, menghimbau para jemaah haji kloter 18 untuk tidak berlama-lama pulang ke kampung halaman masing-masing, namun segera pulang ke “kampung kehidupan” di Papua. Untuk diketahui, jemaah haji asal Provinsi Papua umumnya merupakan para pendatang yang berasal dari Sulawesi khususnya bagian Selatan, Jawa, dan pulau serta provinsi lainnya, yang telah lama tinggal dan menetap di Papua.

Ahmad Furu mengajak para jemaah untuk kembali dan membangun Papua, mempererat persatuan dan kesatuan, serta menjaga Papua sebagai Tanah Damai. Di bagian ini jemaah haji serentak bertepuk tangan. Sebagaimana diketahui, kondisi sosial politik di Provinsi Papua saat ini sedang mengalami ujian berat, saya ajak seluruh kita semua khususnya jemaah haji agar mendoakan semoga masalah yang sedang melanda papua kita, segera selesai dan situasi kehidupan masyarakat papua bisa kembali normal dan membaik, pinta Beliau yang Diamini oleh seluruh hadirin.

Kloter 18 terdiri dari 455 jemaah haji termasuk Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD)  1 orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), 1 orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dan 3 orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI). Tercatat 192 orang jemaah pria dan 263 orang jemaah wanita pada kloter ini. Hingga saat ini total 8.156 orang jemaah haji, dengan 3.092 orang jemaah haji pria dan 5.064 orang jemaah haji perempuan telah kembali ke Tanah Air melalui Debarkasi Makassar. (rls)

 

Loading...

#TRENDING

To Top