Yasir Taba: Gali Potensi Budaya di Bumi Lamaranginang 

  • Whatsapp
Yasir Taba: Gali Potensi Budaya di Bumi Lamaranginang 

Lutra, Upeks.co.id – Masamba Culture Carnaval  yang akan digelar dalam menyambut peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI pada Kamis,(15/8/2019) start di depan Rumah Jabatan Bupati Luwu Utara(Lutra), Sulawesi-Selatan(Sulsel).

 

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Lutra, Yasir Taba pada media ini, Senin (12/8/2019) bahwa, kegiatan ini kita bangkutkan kembali sebagai event tahunan untuk menggali potensi budaya yang beragam di Bumi Lamaranginang, yang juga digelar Indonesia mini.

 

Kepala Dinas Parawisata dan Kebudayaan, Yasir Taba menjelaskan bahwa, event ini pernah dilaksanakan pada tahun 2016 lalu dan kali ini kita bangkitkan kemvali sebagai event tahunan pada tanggal 15 Agustus 2019 untuk menggali potensi budaya di Bumi Lamaranginang yang beranekaragam atau Indonesia mini,” terangnya.

 

“Dengan kita menyaksikan Masamba Culture Carnaval(MCC) itu, kita akan menjadi tahu kekayaan budaya dan parawisata di Bumi Lamaranginang dari berbagai daerah di Indonesia yang ada sudah menetap di BuminLamaranginang(Lutra,red).

 

” Hal ini juga akan menggugah perasaan kita bahwa Bumi Lamaranginang disebut Indonesia Mini akan membuat kita makin cinta budaya kita masing-masing dan menjadi perekat serta pilar kekuatan kita di BuminLamaranginang ini,” tutur Yasir.

 

Dengan MCC ini nantinya ditampilkan beragam budaya dari berbagai daerah yang ada di Bumi Lamaranginang dan ini akan kita perlombakan dengan berbagai hadiah dan piala bergilir, mulai start di Rujab Bupati dan berakhir di lapangan Taman Siswa (Tamsis) dan akan diikuti dari setiap kecamatan dan Sekolah-Sekolah yang ada di Lutra terkhusus sekolah menengah atas/ kejuruan.

Sekadar info tahun 2016 lalu Masamba Culture Carnaval(MCC) diraih juara pertama SMAN 2(kini SMAN 8 Lutra).

 

“Dengan menyaksikan MCC ini, kita menjadi tahu keunikan budaya Indonesia di Bumi Lamaranginang,” kata Yasir Taba.”Dengan potensi budaya yang beraneka ragam di Bumi Lamaranginang itulah peluang Indonesia Mini untuk mengembangkan kekuatan ekonomi baru melalui industri kreatif yang berbasis pada budaya akan berjalan dengan baik didaerah kita Lutra ini,” tambahnya, seraya menambahkan pada tanggal 18 Agustus 2019 lomba sepeda gunung ke Wisata air panas Pincara, tiba langsung lomba ganti baju, celana dan lomba dalam sarung di Pincara.

 

” Sementara menurut Jumail Mappile yang mantan Pj Kadis Parawisata yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, juga Ketua Panitia Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, MCC ini melibatkan seluruh 15 Kecamatan, seluruh SMA/SMK di Lutra. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas kebudayaan di Bumi Lamaranginang mampu mempertautkan simpul-simpul kebhinekaan menjadi kekuatan yang harmonis serta memberikan rasa damai, tentram, dan nyaman bagi seluruh masyarakat Lywu Utara, sekaligus sebagai media yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa,” tutur Jumail Mappile.

 

Daerah Lutra ini memerlukan banyak kekuatan untuk mempertahankan keberadaan dan masa depan yang penuh tantangan dan hambatan yang memerlukan kearifan untuk menanggulanginya.

 

Potensi dan ragam budaya yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia terkhusus di Bumi Lamaranginang memerlukan kekayaan sekaligus kekuatan yang tidak ternilai. Melalui pemahaman dan penanaman nilai-nilai budaya, sesama warga masyarakat saling mengenal, memahami, dan menghargai satu sama lain, yang berujung pada terpeliharanya integritas nasional dan daerah.(yustus)

Pos terkait