Wamen ESDM RI, Arcandra Tahar Tinjau PLTB Sidrap

Wamen ESDM RI, Arcandra Tahar Tinjau PLTB Sidrap

SIDRAP.UPEKS.co.id—Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar meninjau  operasional dan fasilitas PLTB Sidrap yang terletak di Kecamatan Watangpulu Kabupaten Sidrap, Jumat 30  Agustus 2019.

Bacaan Lainnya

Arcandra mendatangi langsung Kincir Angin atau Wind Turbin Generator (WTG) 24, WTG 8 dan sub-station PLTB.  Ia juga memantau ruang kontrol turbin yang ada di dalam tiang kincir.

Dalam peninjauan, Arcandra didampingi Wakil Bupati Sidrap, H Mahmud Yusuf, Dandim 1420, Letkol J P  Situmorang, Wakapolres, Kompol H Baso, Sekretaris PN Sidrap, Kamil, Sekkab Sudirman Bungi, Anggota DPRD,  Sudarmin Baba, Kasi Intel Kejari, M Ikbal Ilyas dan Kakan Kemenag, H Irman.

Ia juga banyak menanyakan seputar fasilitas PLTB kepada Direktur PT UPC Renewables Indonesia, Dacre Wyn  Purchase, Direktur PT UPC Sidrap Bayu Energi, Aaron Pritchard dan Direktur PT UPC Sidrap Bayu Energi Tahap  Dua, Bob Eastwood.

Usai peninjauan, Arcandra menilai PLTB Sidrap telah berjalan dengan baik dari sisi eksekusi proyek. “Quality of work, material tower dari Krakatau Steel dan pembangkitnya sangat baik,” ungkap Arcandra.

Arcandra mengingatkan, dalam ekspansi tahap kedua agar kualitas tetap dijaga dan terpenting manfaat dari  proyek itu.

“Ini serius. Yang pertama proyek tersebut harus bisa memberikan manfaat untuk masyarakat lokal. Apa gunanya  kita membangun tapi masyarakat tidak bisa menikmati,” lontar Arcandra.

Kementerian ESDM, sambungnya, selalu menekankan hal tersebut dalam setiap investment masuk. Baik di sektor  kelistrikan PLN, juga di Gas Alam dan tambang yang menjadi tupoksi ESDM.

“Yang kedua yang perlu Kita perhatikan stakeholder dalam hal ini Pemerintah Daerah. Bagaimana Kita  membangun energi berkeadilan, adil buat masyarakat sekitar. juga adil buat investor, harus dua-duanya, must be a win win solution,” pesan Arcandra.

Sementara Wabup Sidrap, Mahmud Yusuf dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kunjungan Wamen ESDM dan rombongan. “Banyak hal dan informasi positif dari Bapak dan rombongan terkait  pengembangan PLTB ini ke depan,” kata Mahmud Yusuf.

Lanjut Mahmud Yusuf juga mengutarakan, PLTB Tahap I telah memberi efek positif bagai masyarakat Sidrap dan  melalui penyerapan tenaga kerja,

“Selain itu PLTB menjadi potensi wisata, Insya Allah kalau fase kedua sudah selesai Kami akan memberi ruang  untuk pengembangan wisata di daerah ini,” sebut Mahmud Yusuf.

Sebagai informasi turut dalam rombongan Wamen ESDM, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi  (EBTKE), FX Sutijastoto, Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan, Jisman Hutajulu dan Direktur Bisnis  Regional Sulawesi merangkap Regional Kalimantan PT PLN Persero, Syamsul Huda.(Risal Bakri).

Pos terkait