Muslimin Bando Ingatkan, Tugas Pokok BPD Usai Dilantik

  • Whatsapp

Muslimin Bando Ingatkan, Tugas Pokok BPD Usai Dilantik

ENREKANG, UPEKS.co.id — Bupati Enrekang Drs. H. Muslimin Bando menegaskan, Badan Permusyawaratan  Desa (BPD) sebagai bagian dari Pemerintahan Desa merupakan Lembaga perwujudan demokrasi dalam  penyelenggaraan Pemerintahan desa.

Bacaan Lainnya

Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah,BPD bersama dengan Kepala  desa berfungsi menetapkan peraturan desa serta berupaya menampung dan menyalurkan pengawasan atas  kinerja Kepala desa.

Dengan demikian, pemerintah desa dituntut untuk mampu menumbuhkembangkan partisipasi dan peran aktif  masyarakat dalam proses Pemerintahan serta pembangunan. BPD juga harus mampu membuat peraturan desa  yang inisiatif berasal dari BPD, kata bupati.

Penegasan itu disampaikan bupati saat mengambil sumpah jabatan pengurus Badan Permusyawaratan Desa  (BPD) Desa Limbuang Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang Periode 2019-2025.

Acara dirangkaikan penyerahan bantuan hibah 2 Alat Sound System kepada pemangku adat limbuang dan  musyawarah penanggulangan stunting di Baruga Sejahtera Sipakainga Maccera Tumanurung Limbuang.

Hadir Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa merangkap kepala dinas pengendalian penduduk dan keluarga  berencana, Zubaedah Bando, Plt. Kadis Kominfo dan Statistik, drh.H.Junwar, Camat Maiwa M. Alwi Plt kades Limbuang Ahmad S.IP serta Para Tokoh Masyarakat Limbuang.

Kepada Pengurus BPD yang baru dilantik, Bupati menyampaikan pesan agar bekerja dengan baik. Laksanakan  tugas dan fungsinya dengan sungguh – sungguh serta penuh tanggungjawab sesuai dengan peraturan  Perundang – Undangan yang berlak.

Ia mengatakan BPD harus bersama-sama dengan Kepala desa dalam rangka pelaksanaan Pemerintahaan,

Pembangunan dan kemasyarakatan untuk mewujudkan dan mensukseskan program Gerbang EMAS Kabupaten  Enrekang.

“Tugas Awal pengurus BPD yang baru ialah mempersiapkan pelaksanaan Pilkades. Anggota BPD merupakan  wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan secara demokratis,” tandas Bupati.

BPD melaksanakan fungsi Pemerintahan desa yaitu membahas dan menyepakati rancangan Perdes bersama  Kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa serta melakukan pengawasan kinerja  kepala desa dalam penyelenggaraan Pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan serta
pemberdayaan masyarakat desa.

Dalam kesempatan ini Bupati juga menyerahkan bantuan hibah 2 sound system kepada Pemangku Adat  Limbuang yang di dampingi langsung oleh Plt Kadis Kominfo drh.Junwar. Pemberian sound system ini bertujuan  untuk mendukung setiap kegiatan adat di desa Limbuang.( Sry).

Pos terkait