Lima Mahasiswa Asing Studi di FKIP Unismuh Makassar

  • Whatsapp
Lima Mahasiswa Asing Studi di FKIP Unismuh Makassar

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Lima Mahasiswa Asing tersebut yaitu Akira Yonemoto (jepang), Andrianantenaina Landry Jaifah dan Michael Predji (Madagaskar), Kamil Poterek (Polandia) dan Ashraf Mohamed Ahmed Almagbool (Sudan). Mereka akan mengikuti program Darmasiswa Scholarsip di FKIP Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar tahun akademik 2019/2020.

Kelima mahasiswa asing tersebut nantinya akan berada di Unismuh Makassar selama satu tahun untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia. Proses seleksi telah dilaksanakan pada April 2019 lalu. Mereka melakukan pendaftaran secara online di laman website Darmasiswa BPKLN Kemendikbud dan setelah itu, para perwakilan Negara mengikuti seleksi wawancara di KBRI pada masing-masing Negara.

Bacaan Lainnya

Program Darmasiswa tersebut merupakan hasil kerjasama antara FKIP Unismuh Makassar bersama Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Dalam hal ini, Unismuh Makassar menjadi satu-satunya kampus di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang dipercaya sebagai penyelenggara program Darmasiswa di semua universitas di wilayah Sulsel.

Erwin Akib, Dekan FKIP menuturkan bahwa di Unismuh sendiri program ini telah berjalan selama 12 tahun. Program ini dikelola oleh Unit Kerjsama dan Publikasi Internasional FKIP. Menurutnya, program beasiswa diperuntukkan  untuk mahasiswa asing yang ingin belajar bahasa Indonesia serta budaya Indonesia.

Adapun untuk acara pembukaan program Darmasiswa akan  digelar langsung di Hotel Sahid Jakarta pada tanggal 29 -31 Agustus 2019 mendatang. Lebih lanjut Erwin menjelaskan bahwa hingga kini jumlah mahasiswa asing yang belajar di FKIP Unismuh berjumlah ratusan alumni.

Tak hanya itu, Unismuh juga menerapkan sistem metode pembelajaran yang baru di mana mahasiswa asing akan belajar selama 6 bulan dalam kelas dan 6 bulan selanjutnya akan melakukan outingclass atau mahasiswa akan melakukan magang ditempat-tempat tertentu.

“Tahun ini mahasiswa program darmasiswa yang belajar di Unismuh Makassar tidak hanya fokus untuk pembelajaran Bahasa Indonesia saja, tapi juga akan melibatkan mahasiswa asing ini ke lembaga-lembaga mahasiswa yang ada di Unismuh sesuai bakat dan minat mereka,” tambah Erwin. (rul)

Pos terkait