SULAWESI SELATAN

Lawan Hoax, Mediasi SMAN 6 Wajo Gelar Diklat Jurnalistik

WAJO, UPEKS.co.id — Untuk mengetahui tentang dunia Jurnalistik, Media Aspirasi Siswa (Mediasi) SMAN 6 Wajo menggelar diklat jurnalistik dasar Remaja Proaktif Uptodate dan Selektif (Reportase) 7, Sabtu (31/08/2019).

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, mulai Jumat (30/8/2019) hingga Minggu (1/9/2019) dengan tema ‘Milenial Melawan Hoax’. Pembina Mediasi SMAN 6 Wajo, Rosnaedar mengatakan, tema tersebut dipilih, mengingat hoax di kalangan masyarakat amatlah merajalela.

“Untuk itu, dengan adanya kegiatan ini, kaum milenial bisa belajar dan memahami proses jurnalistik dan membedakan mana hoax dan bukan hoax,” tutur Rosnaedar.

Kata dia, sebanyak 60 peserta ikut dalam diklat Jurnalistik ini seperti MTsN 1 Wajo, MA DDI Tobarakka, SMPN 1 Pitumpanua dan SMAN 14 Wajo.

Hosting Unlimited Indonesia

“Jadi bukan cuma dari SMAN 6 Wajo saja, tapi ada juga dari beberapa sekolah lain,” katanya.

Dia mengungkapkan, kegiatan tersebut juga merupakan rangkaian perekrutan anggota Mediasi.

“Ini merupakan perekrutan anggota mediasi di SMAN 6 Wajo. Kalau untuk sekolah lain lebih ke pengenalan pendidikan dan pelatihan jurnalistik, agar dikembangkan di sekolahnya masing-masing,” cetusnya.

Dirinya pun berharap, kegiatan ini mampu membentuk karakter-karakter jurnalis di lingkungan sekolah.

Sementara salah satu pemateri, Hardiansyah Abdi Gunawan, mengapresiasi tema yang diangkat oleh panitia.

Menurutnya, kaum milenial adalah sasaran empuk oknum tak bertanggungjawab yang gemar menyebar hoax.

“Hoax adalah musuh bersama, mari perangi bersama. Kegiatan ini amatlah bagus, mengingat kesadaran jurnalistik yang tumbuh sedari dini bisa menjadi alat kita menangkal hoax,” tandasnya.

Sekedar diketahui, dua pemateri yang diundang dalam diklat jurnalistik tersebut yakni, Tribun Timur dan Harian Upeks. (Amin Rais)

Loading...

#TRENDING

To Top