Desa Bonerate Musyawarah RKPDes Tahun Anggaran 2020

  • Whatsapp

Desa Bonerate Musyawarah RKPDes Tahun Anggaran 2020

SELAYAR.UPEKS.co.id—Dalam rangka persiapkan program pembangunan yang akan dilaksanakan 2020,  Pemerintah Desa Bonerate menggelar musyawara Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran  2020 di Kantor Desa Bonerate, Kecamatan Pasimarannu, Selasa (13/08/2019).

Bacaan Lainnya

Hadir Camat Pasimarannu, Drs. H. Askari, Danrami Pasimarannu diwakili oleh Kopda Samsuddin Pato, Kapolsek  Pasimarannu diwakili oleh Aiptu Asmiluardi, Perwakilan Tokoh Masyarakat, Anggota Badan Permusyawaratan  Desa (BPD) Bonerate, Pendamping Desa Kecamatan Pasimarannu serta perangkat Desa Bonerate.

Camat Pasimarannu, Drs. H. Askari berharap agar dalam pelaksanaan RKPDes ini, disesuaikan dengan visi dan  misi desa bonerate dan tidak terlepas dari skala prioritas yang harus dilaksanakan 2020.

“Saya berharap, bukan cuma Desa Bonerate. Tetapi semua desa yang ada di kecamatan pasimarannu bisa meningkat dari desa tertinggal ke desa berkembang dan menjadi desa mandiri. Karena keberhasilan kecamatan  ditentukan dengan keberhasilan suatu desa,” jelas H. Askari.

Ia juga menambahkan, begitu pun keberhasilan di tingkat kabupaten, akan dinilai dari keberhasilan seluruh  kecamatan yang ada di bawahnya.

“Jadi saya berharap setelah selesainya jabatan kepala desa Bonerate, agar anggota BPD bisa membantu pejabat  sementara dari kecamatan yang ditunjuk langsung oleh bupati,”tambahnya.

Lebih lanjut, Kepala Desa Bonerate Muh. Arsyad Manaba menjelaskan kalau pemerintah desa menyusun RKPDes  sebagai penjabaran RPJM Desa.

“Rencana kerja pemerintah desa itu disusun oleh pemerintah desa sesuai dengan informasi dari pemerintah  kabupaten yang berkaitan dengan pagu indikatif desa dan rencana kegiatan pemerintah,” katanya.

Olehnya itu RKPDes, lanjut Arsyad Manaba, mulai disusun pada bulan Juli tahun berjalan dan ditetapkan paling  lambat akhir bulan September tahun berjalan yang menjadi dasar penetapan APB Desa.

Rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan perwakilan musyawarah masing – masing menyampaikan usulan  pembangunan yang akan dianggarakan melalui Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes) tahun  2020 melalui DD, ADD, dan Pendapatan Asli Desa (Sya)

Pos terkait