Puskesmas Sabbang Sosialisasi Hygiene Sanitasi Pangan

  • Whatsapp

Puskesmas Sabbang Sosialisasi Hygiene Sanitasi Pangan

LUTRA.UPEKS.co.id— Makanan dan minuman yang dikonsumsi masyarakat ikut mempengaruhi kondisi  kesehatan.

Bacaan Lainnya

Untuk itu pengolahan dan penyajian makanan yang sesuai persyaratan kesehatan mutlak diketahui dan diimplementasikan masyarakat, termasuk bagi pengelola rumah makan, warung dan kantin.

Demikian Hairul Muslimin, SKM., Kepala Puskesmas Sabbang Kabupaten Luwu Utara, dihadapan peserta  Sosialisasi Hygiene dan Sanitasi Pangan, Rabu (3/7/2019).

Sosialisasi dilaksanakan di lantai dua aula Puskesmas Sabbang dan diikuti oleh beberapa pemilik warung dan  kantin yang membuka usaha di wilayah Kecamatan Sabbang.

Menurut Hairul, pemilik warung makan dan kantin harus mengetahui faktor-faktor terkait pengolahan makanan  siap santap yang sesuai persyaratan kesehatan.

” Kasus penyakit seperti sakit perut, diare, keracunan bahkan kematian berpeluang terjadi jika pengelolaan dan  penyajian tidak memperhatikan aspek kesehatan. ” ungkapnya.

Hairul Muslimin meminta pemilik dan pekerja warung makan/ kantin untuk menjaga hygiene perorangan meliputi  kebersihan tangan, rambut, kuku dan pakaian terutama saat mengolah dan menyajikan makanan.

” Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir merupakan praktik sederhana yang kerap diabaikan, padahal sangat  berkaitan dengan masalah kesehatan. ” terangnya.

Menurut Hairul Muslimin lagi, pemilihan bahan makanan dengan mutu baik, pembersihan dengan air bersih,  penggunaan alat masak dan alat makan minum yang bersih dan sehat, penyimpanan makanan jauh dari faktor  pencemar seperti debu, bahan kimia beracun serta vektor binatang penyebar kuman penyakit merupakan faktor  penting untuk dilakukan.

“Hati-hati jika menyimpan bahan makanan serta makanan siap santap. Jauhkan dari bahan berbahaya seperti  racun tikus dan racun rumput. Jangan sampai keracunan” harapnya.(yustus).

Pos terkait