Nobar Film ‘Koboy Kampus’, Begini Kesan Ketua Hipmi Sulsel Herman Heizer

Nobar Film 'Koboy Kampus', Begini Kesan Ketua Hipmi Sulsel Herman HeizerMAKASSAR, UPEKS.co.id– Rombongan Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Sulawesi Selatan (Hipmi Sulsel), menggelar nonton bareng film ‘Koboy Kampus’, di bioskop salah satu Mall, Kota Makassar, Kamis (25/07/2019) malam.

Film ini adalah salah satu karya Pidi Baiq, seorang seniman asal kota Bandung yang menceritakan kehidupan pribadinya saat duduk di bangku kuliah, Fakultas Seni Rupa, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 90-an.

Bacaan Lainnya

Dalam film tersebut, terlihat Pidi Baiq yang aktif di organisasi seni kampusnya juga sedikit kritis terhadap kebijakan-kebijakan pemerintahan saat itu, di bawah kepemimpinan Presiden ke-2, Soeharto.

Sosok Pidi Baiq yang diperankan oleh Jason Ranti berteman dengan Rinu (Ricky Harun), Deni (Bisma Karisma), Erwin (David Joh Schaap), dan Dikdik (Moqdad Auddasy).

Seperti kehidupan mahasiswa pada umumnya, Pidi dan teman-temannya mengalami berbagai permasalahan, seperti masalah akademi, negara, persahabatan dan tentunya percintaan.

Saat kuliah, Pidi juga sempat membentuk Negara sendiri bernama Negara Kesatuan Republik The Panas Dalam.

Ketua Umum BPD Hipmi Sulsel, Herman Heizer, yang terlihat pada nonton bareng tersebut mengatakan, film ini menceritakan kehidupan mahasiswa pada umumnya.

“Saya nonton tadi jadi teringan masa-masa kuliah saya pada tahun 1998 hingga awal tahun 2000-an, saya dan teman-teman juga banyak mengalami persoalan serupa,” ujar Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

“Namanya juga mahasiswa, banyak sekali yang dipusingi, mulai dari masalah negara, masala akademik, bahkan percitaan pun penjadi masalah yang sangat besar,” tutur Direktur Eksekutif Celebes Research Center ini.

Selain Koboy Kampus, film karya Pidi Baiq adalah Dilan 1990, Dilan 1991, Barisan Anti Cinta Asmara, dan Milea.

Pembuatan film ini terlaksana atas support dari salah satu calon ketua umum BPP Hipmi, Mardani H Maming. (Mimi)

Pos terkait