Dinas Persipda Lutra Gelar Bimtek Tekhnis Kearsipan Kerjasama JRFET

  • Whatsapp
Dinas Persipda Lutra Gelar Bimtek Tekhnis Kearsipan Kerjasama JRFET
Lutra, Upeks.co.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Utara(Lutra),Sulawesi-Selatan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengelolaan Kearsipan. Bimtek ini digelar Dinas Persipda bekerjasama dengan Jaya Rezky Foundation Education and Training(JRFET) bertempat di Hotel Grand Asia Kota Makassar, Senin kemarin(22/7/2019).

Kegiatan ini dibuka Bupati Lutra, melalui asisten bidag pemerintahan dan kesra, Jumal Jayair Lussa dan dihadiri deputi I bidang pembinaan kearsipan Nasional RI, Andi Kasman, Kadis Perpustakaan dan kearsipan provinsi Sulsel, Moh Hasan Sijaya, Kadis Sosial Sulsel, Ilham Andi Gazaling, dan Kadis Persipda Lutra, Maharuddin Hanafi.

Bacaan Lainnya

Asisten I Pemda Lutra, Jumal J Lussa saat membuka acara ini mengatakan, dengan digelarnya bimtek ini akan terus melahirkan tata kearsipan yang lebih profesional.

“Dan semoga bimtek ini dapat melahirkan orang-orang yang profesional, sehingga kearsipan di Lutra akan memiliki tenaga arsiparis yang baik untuk menata dan menyimpan arsip yang ada,” tutur mantan Kadis Dispora ini.

Selain teori, dalam bimtek ini juga dilaksanakan praktik langsung bagaimana pengolahan kearsipan mulai dari membuat tata naskah, menyebar surat, menomor surat, sampai memusnahkan dan menyimpan arsip.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan(Persipda) Lutra, Maharuddin Hanafi berharap, peserta Bimtek ini akan menjalankan fungsi-fungsi arsiparis sehingga memudahkan dalam pencarian arsip yang ada di OPD masing masing.

“Kami sangat yakin Bimtek ini sangat bermanfaat karena memberikan pengetahuan teknis kearsipan dan praktek kearsipan itu sendiri. Intinya untuk seluruh peserta bimtek teruslah bekerja keras dan profesional untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi,” tambah mantan Sekretaris Dinas Pendidikan.Sementara Kadis Persipda Provinsi Sulsel, Moh Hasan, mengatakan mengapresiasi Dinas Persipda Lutra dalam membuktikan sinergi antar perangkat daerah terjalin baik katena kearsipan personal maupun kelembagaan itu nomor satu dan sudah menjadi kebutuhan utama setiap instansi, dan dengan bimtek ini pemahaman soal kearsipan semakin bertambah ilmu,” tutur Moh Hasan.Kadis Persipda Sulsel menambahkan bahwa, tingkat kemampuan perangkat daerah dalam memahami administrasi kearsipan masih sangat rendah atau lemah. Untuk itu Kadis berharap Dinad Persipda disetiap daerah/kota tetap ada dan saya sangat sedih kalau Dinas Persipda dilebur,” pungkasnya.(yustus)

Pos terkait