Dinas Perpustakaan Bantaeng Sosialisasi Kearsipan

  • Whatsapp

Dinas Perpustakaan Bantaeng Sosialisasi Kearsipan

BANTAENG,UPEKS.co.id—Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantaeng menggelar pembukaan  sosialisasi/ penyuluhan kearsipan di lingkungan Pemerintah/swasta, Kamis (18/7).

Bacaan Lainnya

Peserta 50 orang dari Sekretaris/KTU/Pengelola Arsip OPD, Instansi Vertikal, dan pihak Swasta. Sosialisasi  18 hingga 19 juli 2019,bertempat di Gedung PGRI Bantaeng,Kamis(18/7/2019)

Poniman.S,SS, Kabid pembinaan dan pengawasan Dinas perpustakaan dan kearsipan Bantaeng mengatakan,  Pengelolaan arsip yang dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah yang ada akan menghadirkan  kemanfaatan besar bagi kehidupan organisasi, pemerintah, dan masyarakat.

Kenyataan di lapangan, arsip di unit kearsipan umumnya masih belum dikelola secara optimal. Padahal unit arsip  adalah awal dimana terciptanya arsip dan tempat dimana pengelolaan arsip dinamis dilakukan,jelas dia.

Tujuan kegiatan meningkatnya pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang arti pentingnya arsip bagi  kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta meningkatnya kemampuan melakukan pengelolaan  arsip bagi OPD.

Bupati diwaikil Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Bantaeng H.A.Hartawan Zainuddin,SH,MH dalam  sambutannya mengatakan, Arsip sebagai identitas dan jati diri bangsa, serta sebagai memori, acuan, dan bahan  pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara harus dikelola dan  diselamatkan.

Untuk menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya, serta mendinamiskan sistem kearsipan,  diperlukan penyelenggaraan kearsipan yang sesuai dengan prinsip, kaidah, dan standar kearsipan, ujarnya.

Kenyataannya, unit kearsipan masih belum mengelola arsip dengan optimal. Padahal menurut UU No. 43 tahun  2009 pengertian unit kearsipan adalah satuan kerja pada pencipta arsip yang mempunyai tugas dan tanggung  jawab dalam penyelenggaraan kearsipan.

Melihat hal tersebut, maka memang diperlukan untuk melakukan pembinaan di bidang kearsipan secara rutin  sehingga pengelolaan kearsipan di unit kearsipan dapat diterapkan secara tepat dan optimal serta dapat  memberikan hasil yang bermanfaat bagi organisasi.

Pembukaan dihadiri Kabid Pembinaandan Pengawasan Dinas Perpustakaan dan kearsipan Bantaeng  Poniman,S,ss dan Kabid penyelengaraan kearsipan Hj.Nurhidayani,S.Sos serta Firman.NM.S.Sos,M.AP Dinas  Perpustakaan dan Kearsipan Prov.Sul Sel selaku pemateri. (ipa).

Pos terkait