ANEKA

Sekretaris Menkop & UKM Dorong Koperasi di Selayar Aktif Gelar RAT

MAKASSAR, UPEKS.co.id- Kementerian Koperasi dan UKM terus berupaya mendorong para pelaku Koperasi se- Kabupaten Selayar meningkatkan kualitas SDM. Salah satu upayanya dengan aktif menggelar Rapat Anggota  Tahunan (RAT).

Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM RI, Prof Rully Indrawan, secara langsung turun ke Selayar memberi arahan  ke pengurus dan pengawas koperasi, saat menggelar diklat penyusunan laporan pertanggungjawaban pengurus  koperasi.

Dalam kesempatan itu, Rully Indrawan berharap melalui kegiatan diklat tersebut, semua pengurus dan pengawas  koperasi di Kabupaten Selayar semakin berkualitas.

“Tentu kami juga berharap agar koperasi yang ada di daerah ini terus aktif melakukan RAT, sehingga anggotanya  bisa semakin sejahtera,” kata Rully Indrawan, dalam rilis yang diterima Upeks, Rabu (31/7/2019).

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Abd Malik Faisal mengaku, tujuan kegiatan tersebut untuk  membuat peran koperasi di Sulsel lebih maksimal.

Dijelaskan, kendala SDM membuat banyak koperasi di daerah tidak melaksanakan RAT. Padahal kabupaten dan  kota, rata-rata sudah menyiapkan anggaran untuk fasilitasi bagi koperasi yang akan melaksanakan RAT.

“Kenapa tidak mau RAT, pertama karena masalah SDM yang tidak paham bagaimana berkoperasi. Mereka tidak  dibekali ilmu koperasi, hanya berbekal cerita atau melihat sebelum masuk koperasi. Selain tidak paham, memang  SDM-nya tidak punya sertifikasi keahlian sebagai pengurus koperasi, khususnya dalam membuat neraca  pertanggungjawaban keuangan,” jelas Malik Faisal.

Diluar itu, tambah Malik Faisal, koperasi masih menjadi milik sebagian sekelompok orang, baik keluarga maupun  komunitas, dan orang lain hanya dianggap sebagai penumpang saja. Padahal harusnya, koperasi menjadi milik  semua anggota.

“Biasanya koperasi yang baik adalah koperasi yang rutin melakukan pergantian pengurus secara berkala. Ini  banyak juga koperasi yang tidak mau diganti-ganti. Tetapi masalah seperti ini tidak hanya di Sulsel, tetapi terjadi  secara nasional,” katanya. (eky)

Loading...

#TRENDING

To Top