ANEKA

Puskesmas Sabbang Gandeng Guru Tanggulangi Penyakit Cacingan

LUTRA.UPEKS.co.id – Penyakit cacingan masih menjadi masalah kesehatan yang perlu penanganan secara  bersama lintas sektor.

Kegiatan membangun komitmen dan kepedulian berbagai pihak atas penanggulangan masalah kecacingan  dilakukan oleh Puskesmas Sabbang Kabupaten Luwu Utara melalui kegiatan sosialisasi bertempat di Aula  Puskesmas Sabbang, Selasa 30/7/2019.

Kegiatan sosialisasi diikuti oleh perwakilan guru dari beberapa Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak se-Kecamatan Sabbang dan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara.

Hairul Muslimin, Kepala Puskesmas Sabbang, mengungkapkan masalah kecacingan masih menjadi salah satu  pekerjaan rumah bersama yang belum benar-benar tuntas.

” Kasus cacingan masih kami temukan, terutama pada anak usia sekolah.” ungkap Hairul Muslimin.

Langkah penanggulangan penyakit cacingan, seperti yang dikemukan Hairul Muslimin, antara lain melibatkan pihak guru dalam melakukan promosi kesehatan.

” Kami tentu berharap peran guru dalam memotivasi siswa-siswi di sekolah masing-masing untuk terus berperilaku  hidup bersih dan sehat. ” ucap Hairul.

Menurutnya, kebiasaan cuci tangan pakai sabun, menggunakan jamban dan air bersih, serta terus menjaga  hygiene dan sanitasi lingkungan yang baik merupakan faktor kunci dalam penanggulangan penyakit cacingan  pada masyarakat.

Pendekatan lain yang akan dilakukan oleh Puskesmas Sabbang dengan melakukan Pemberian Obat Pencegahan  Secara Massal (POPM).

” Bulan Agustus 2019 kita jadikan bulan pemberian obat cacing massal pada anak sekolah, Puskesmas akan  mendistribusikan obat cacing ke Sekolah Dasar dan TK serentak di bulan itu.” ujar Hairul Muslimin. (yustus).

Loading...

#TRENDING

To Top