ANEKA

Demi Uang Layak Edar, BI Bersama TNI Ekspedisi Kas Keliling ke Kepulauan 3T di Sulsel

MAKASSAR, UPEKS.co.id—Ekspedisi kas keliling Bank Indonesia ke Kepulauan 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) di bagian Wilayah Sulsel bersama TNI AL kembali dilaksanakan. Kali ini mendistribusikan sekitar Rp2  miliar.

Kepala Group Sistem Pembayaran dan Pengedaran Uang Rupiah dan Layanan Administrasi BI Sulsel Iwan  Setiawan menjelaskan, ekspedisi bekerja sama dengan TNI ini sudah dilaksanakan sejak 2016 hingga 2018 dan  sudah menjangkau 30 kepulauan 3T.

“Ekspedisi 2019 tahun ini akan menuju 6 kepulauan dengan membawa uang sebesar Rp2 miliar,” bebernya dalam  acara pelepasan ekspedisi kas keliling di Kepulauan 3T Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan bersama TNI AL di  Dermaga Lantamal VI Makassar, Selasa (30/07/19).

Menggunakan KRI LAYARAN-854, ekspedisi akan menuju enam kepulauan 3T. Muali dari Pulau Tanakeke, Pulau  Liukang Loe, dan empat pulau di bagian kepulauan sembilan Kabupaten Sinjai. Kapal akan kembali di Makassar  pada 4 Agustus mendatang.

“Di sana (Kepulauan sembilan Sinjai) ada empat pulau di situ. Pulau Burung Leo, Pulau Kambuno, Pulau Batang  Lampe, Pulau Kanalo II),” kata Iwan.

Iwan menjelaskan, ekspedisi kas keliling ini adalah kebijakan BI terkait sistem pembayaran dan peredaran uang  rupiah. Ini diharapkan bisa menjangkau seluruh wilayah nusantara termaksud pulau-pulau wilayah 3T.

“Ini bagian dari kebijakan BI sebagai bank sentral yang salah satu tugas utama peredaran uang rupiah yakni  melaksanakan kebijakan Clean money policy yaitu kelancaran sistem pembayaran diejawantahkan dengan  terjaganya uang tunai yang beredar di masyarakat dan dalam kondisi layak edar,” tuturnya.

Turut hadir dalam pelepasan ekspedisi, Ndan Kurnia Saputra Kepala group Advisori dan Pengembangan Ekonomi  BI Sulsel, Tjahyadi Kepala Divisi BI Sulsel, Jonshon Pasaribu Kepala Divisi dan Kolonel Laut Suratun Wakil Komandan Lantamal VI. (hry).

Loading...

#TRENDING

To Top