NASIONAL

Aktivis Milenial Arief Rosyid Hasan Masuk Bursa Kabinet Jokowi

JAKARTA,UPEKS.co.id— Susunan kabinet kerja jilid II telah menjadi perbincangan publik. Salah satu topik yang hangat dibicarakan adalah sosok menteri muda yang akan mengisi Kabinet tersebut.

Masuknya anak muda dalam bursa calon menteri mulai ramai diperbincangkan setelah pernyataan yang dikeluarkan presiden Joko Widodo yang akan memberi kesempatan bagi anak muda untuk mengisi posisi menteri.

Beberapa nama yang digadang-gadang akan dipilih oleh presiden mulai mencuat seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Radja Juli Antoni, Diaz Hendropriyono, Prananda Paloh, Radja Sapta Oktohari, Bahlil lahadalia, Nadiem Makarim dan Wishnutama.

Diantara nama yang bermunculan, salah satu tokoh milenial yang juga masuk di dalam bursa calon menteri adalah Arief Rosyid Hasan. Bahkan, Voxpol Center Research and Consulting dalam rilisnya terkait nama-nama menteri yang diprediksi akan mengisi kabinet kerja jilid II memunculkan nama Arief Rosyid Hasan sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Arief Rosyid Hasan adalah mantan Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) periode 2013-2015.

Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi PB HMI Periode 2018-2020, Firman Kurniawan Said, Senin (8/7/2019) mengungkapkan, masuknya nama Arief Rosyid Hasan di dalam bursa calon Menteri bukan tanpa alasan.

Yawan, panggilan akrabnya menganggap, Plt. Sekjen Dewan Masjid Indonesia tersebut sebagai sosok aktivis pemuda dengan gerakan milenial masjidnya dan telah banyak menggagas gerakan kepemudaan lainnya.

“Kanda Arief Rosyid sangat layak dipertimbangkan untuk mengisi Kabinet Kerja jilid II, khususnya urusan kepemudaan. Dia selama ini telah banyak menggagas gerakan kepemudaan dan juga dikenal sebagai aktivis masjid milenial,” kata Yawan, yang juga alumni STMIK Dipanegara Makassar ini.

Dia menambahkan, jika selama ini Arief Rosyid sangat aktif dalam mendorong pengembangan pemuda yang juga banyak dituangkan dalam berbagai tulisannya, baik di media massa maupun buku yang telah ditulisnya.

“Arief Rosyid saat ini telah menulis sekitar 13 buku yang sebagian besar isinya terkait dengan kondisi kepemudaan Indonesia. Jadi kanda Arief adalah paket komplit aktivis milenial yang namanya wajib dipertimbangkan sebagai calon menteri,” ujarnya.

Yawan juga mengapresiasi niat Presiden untuk memasukkan anak muda sebagai menteri di dalam kabinetnya.

Pasalnya, selama ini pemuda tidak banyak mendapatkan tempat di dalam posisi strategis tersebut.

“Memasukkan pemuda di dalam Kabinet adalah pilihan yang tepat. Saya kira Presiden mampu melihat semangat zaman dimana Indonesia yang mengalami bonus demografi,” ucapnya. (rls)

Loading...

#TRENDING

To Top