Tingkatkan Pemahaman Kusta, NLR Gandeng Media Pelatihan Peliputan

  • Whatsapp

Tingkatkan Pemahaman Kusta, NLR Gandeng Media Pelatihan Peliputan

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Guna meningkatkan pemahaman dalam melakukan peliputan Yayasan Netherlands  Leprosy Relief (NLR) gelar pelatihan selama tiga hari.

Bacaan Lainnya

Yayasan yang bergerak di bidang kusta dan berpusat di Belanda ini berlangsung (15-16/6/2019), di Hotel Swiss  Bel, Jalan Ujung Pandang, Makassar.

Stigma terhadap pengidap kusta memang perlu pemahaman kepada masyarakat, yang selama ini bersarang  dibenak masyarakat penyakit yang menular.

Pemateri Pelatihan NLR, dr Udeng Daman menegaskan, kusta merupakan penyakit menular yang sangat tidak  menular. Menurutnya, kata kusta berasal dari bahasa India yang berarti kumpulan gejala-gejala kulit secara umum.

“Kusta bukan penyakit turunan, namun penyakit menular yang sangat tidak menular,” ungkapnya.

Mengapa dikatakan penyakit menular yang sangat tidak menular? Kata dr Udeng Daman sebab penyakit kusta  proses penularannya hanya menyerang mereka yang kekebalan tubuhnya lemah dan itu pun berlangsung dalam waktu cukup lama.

Udeng sapaan karibnya menjelaskan proses penularan penyakit tidak serta merta melainkan memerlukan waktu sangat lama, waktunyabbisa sampai 20 tahun. Namun, rata-rata dua sampai lima tahun.

Ia mengaku dari data hasil penelitian dirinya, Udeng menegaskan, dari 100 orang yang terpapar kusta, 95 orang  kebal menghadapinya, 5 orang sakit, dan 3 orang sembuh dengan sendirinya, dan 2 orang sakit.

“Kusta menular melalui kontak erat dan lama dengan penderita yang belum berobat, dan penularannya secara  langsung, tidak seperti dengan penyakit lainya seperti HIV yang menular bisa melalui nyamuk,”ujarnya. (Rasak)

Pos terkait