Liburan Panjang, Pengunjung Objek Wisata Toraja Membeludak

Liburan Panjang, Pengunjung Objek Wisata Toraja Membeludak
MACET. Suasana antrean panjang kendaraan menujusalah satu lokasi wisata di Toraja, Sabtu (8/6). Foto:Anton/Upeks.

TORAJA,UPEKS.co.id—Beberapa hari pascalebaran Idul Fitri, pengunjung objek wisata di Toraja semakin membeludak.

Akibatnya, kedatangan wisatawan mancanegara dan domestik itu memicu padatnya arus kendaraan dari dan menuju berbagai lokasi objek wisata.

Bacaan Lainnya

Kepadatan yang berujung kemacetan itu membutuhkan kehati-hatian pengunjung, jika lalai sangat berbahaya, karena jalan menuju beberapa lokasi wisata umumnya daerah dataran tinggi dan terjal. Suasana kemacetan itu sangat tampak, Sabtu (8/6).

Pantauan Upeks, sejak 5 hingga 8 Juni 2019 para pengunjung ke objek wisata terlihat terjadi kemacetan hingga berkilo-kilo meter. Akibatnya banyak pengunjung rela berjalan kaki demi segera mencapai tujuan.

Objek wisata ”Negeri Di Atas Awan” kemacetan mencapai 8 km. Objek wisata Ke’tek Kesu’ macet sekitar 3 km, objek wisata religius Buntu Burake mencapai 2 kilometer objek wisata Kuliner Panggo-Panggo macetnya mencapai 1 km.

Khusus Objek wisata Kuburan Alam Londa juga terjadi kemacetan sekitar 1 km. Objek wisata lain dipenuhi para wisatawan lokal dan mancanegara.

Liburan Panjang, Pengunjung Objek Wisata Toraja Membeludak

Sejumlah pengamat wisata ke Toraja prediksi, pengunjung yang datang selama empat (4) hari ini mencapai 20 ribu jiwa per hari. Mereka berpencar ke dua Kabupaten. Akibatnya, seluruh Hotel, Wisma, Home Stay dan penginapan serta rumah sewa, umumnya penuh  karena full booking.

Tingginya kebutuhan, mengakibatkan tenda-tenda sewaan di objek wisata laris manis. Terlihat banyak  pengunjung tidur di masjid dan emper-emper rumah warga atau pun menginap di rumah keluarga di Toraja.

Ahmad asal Bone mengaku bisa beristrahat di masjid Raya Makale. Semua hotel dan wisma penuh, jadi kami  sekeluarga tidur di masjid selama dua malam demi keinginan dan memuaskan anak-anak yang ingin sekali ke  Lokai ”Negeri Di Atas Awan, Ke’te’Kesu, Londa dan Buntu Buraka yang fenomenal di dunia maya dan di you Tobe
akhir-akhir ini.

Hal senada dikemukakan Ibu E. Maria dari Manado. Dia mengaku datang rombongan menggunakan tiga mobil.  Dia tak dapat Hotel,wisma dan penginapan lain. Akibatnya memilih tidur semalam di lumbung BPS Gereja Toraja.  Selanjutnya, dapat rumah keluarga di Toraja. (Anton).

Pos terkait