Himpun Bantuan Rp 12 Miliar, Mentan Jamin Bangun Kembali Pertanian di Konut

Konawe Utara, Sultra – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menjamin akan membangun kembali lahan pertanian dan peternakan warga korban banjir Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Kepastian ini ia sampaikan saat mengunjungi lokasi bencana banjir bandang, untuk memastikan bantuan bagi korban banjir terdistribusi dengan baik dan tepat sasaran.

“Kementerian Pertanian (Kementan) dengan Mitra telah berhasil menghimpun dana bantuan sebesar Rp 12 Miliar. Kemudian yang terpenting di belakang kita ini adalah sawah, yang tenggelam ada 600 ha, totalnya ada 10 ribu ha. Insyaa’Allah 600 ha ini, khusus sawah akan kami ganti berikan bibit dan pupuk gratis. Yang 600 ini akan kami bangun lagi dengan bantuan traktor roda dua dan roda empat,” ujar Amran.

Bacaan Lainnya

Amran berjanji sebuah tim khusus akan langsung bergerak cepat membangun sawah dan lahan pertanian yang terkena dampak banjir bandang, segera setelah air surut.

“Sebentar air surut kita langsung bergerak membangun sawah dan lahan pertanian, agar petani langsung kembali mengolah sawah dan lahan pertanian. Kami meminta tim Kementan dan daerah bergerak cepat karena alat mesin, bibit dan pupuk telah tiba di Kendari,” tegas Amran.

Begitupula dengan ternak yang terkena dampak atau bahkan hanyut terbawa arus banjir.

“Sebelum bencana banjir kita sudah bantu ternak yaitu ayam sebanyak 46 ribu ekor ayam, dan kambing. Nanti akan kami tambah lagi bantuan ayam dan kambing, “ tutur Amran.

Meskipun kondisi pertanian di Sulawesi Tenggara sedang terdampak bencana, Amran meminta masyarakat tidak khawatir dan senantiasa menjaga kesehatan. Karena pangan, air bersih, obat-obatan, listrik dan kebutuhan lainnya saat ini sudah mulai tersedia menyusul bantuan yang sudah mulai masuk.

Mentan Amran Sulaiman datang didampingi Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Komandan Korem 143/HO Kendari Kolonel Infantri Yustinus Nono Yulianto menggunakan helikopter.

Helikopter mendarat dan disambut oleh Bupati Konawe Utara Ruksamin di Kantor Bupati Konawe Utara, Kamis (13/6) siang. Amran dan rombongan langsung meninjau sejumlah lokasi terdampak banjir di Kecamatan Asera, Desa Wanggudu Raya. Ia juga langsung mendengarkan dengan seksama keluhan warga yang mengungsi di sepanjang jalan poros. (*)