Hadiri Wisuda Ribuan Mahasiswa, L2DIKTI Sulawesi Apresiasi Prestasi UMI

  • Whatsapp

 

Hadiri Wisuda Ribuan Mahasiswa, L2DIKTI Sulawesi Apresiasi Prestasi UMI

Bacaan Lainnya

MAKASSAR.UPEKS.co.id– Cukup menggembirakan, dihadapan ribuan wisudawan dan hadirin dari berbagai  elemen terkait, pihak Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) Wilayah IX Sulawesi, melontarkan apresiasi prestasi dan keunggulan yang diraih UMI.

Prosesi pengukuhan wisudawan UMI dikemas dalam bentuk Takhrij Thalabat wisuda Diploma, Sarjana, Profesi, Magister dan Doktor yang berlangsung selama 3 hari Sabtu-Senin (15-17 Juni 2019) di Hotel Sheraton Makassar.

Kepala Bidang Kelembagaan dan Sistem Informasi Munawir Razak, S.Ip. menyampaikan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah merilis PTN dan PTS berprestasi 2019.

kemeringkatan klasifikasi ke masyarakat skala peringkat Perguruan tinggi bertahap sudah diumumkan.

“Untuk inovasi tahun 2018 UMI peringkat 23 prestssi luar biasa. Kualitas SDM UMI di peringkat 49 nasional. Dan  kelembagaan UMI di peringkat 73,” katanya.

di 402. Jika diperhatikan maka masuk peringkat 50 besar,” ujarnya.

Menurutnya, untuk pengumuman peringkat PTN/PTS 2019 akan dilakukan Dikti secara nasional pada bulan  Agustus mendatang. Oleh karena itu, dia meminta UMI mempersiapkan diri.

“Tahun 2019 ini, ada beberapa kriteria syarat evaluasi peringkat perguruan tinggi berbeda dengan tahun lalu. Ada  4 aspek input, proses dan output dan incume,” pungkasnya.

Sebelumnya, Rektor UMI Makassar, Prof. Dr. H. Basri Modding, SE, M.Si menyampaikan pelaksanaan wisuda  berlangsung selama tiga hari. UMI mempersembahkan lulusanya sebagai sumberdaya manusia yang  berkompoten dan ahli di bidangnya masing-masing.

“Sabtu 15 Juni 2015, wisudawan 1.075 orang. Menyusul wisuda, Ahad (16/6) dan Senin 17 Juni. Secara  keseluruHan wisuda UMI tahun pertama 2019 ini berjumlah 2.976 orang.

Guru Besar Ilmu Ekonomi itu menilai. Bertambahnya lulusan merupakan cerminan penyelenggaraan perguruan  tinggi sehat.

Hadiri Wisuda Ribuan Mahasiswa, L2DIKTI Sulawesi Apresiasi Prestasi UMI

Menurutnya, di zaman era industri revolusi 4.0 ini mahasiswa serta alumni diperhadapkan dengan tantangan  teknologi dalam kehiduoan manusia.

“Persaingan serba kompleks, alumni harus memiliki peningkatan scientific skill, life skill dan social skill, ditunjang  perdidikan karakter. Dengan kemampuan ini, kami pimpinan UMI sangat berharap lulusan bisa mandiri dalam  berkarya serta bekerja di dunia usaha,” harap Basri Modding.

Ketua pengurus Yayasan Wakaf UMI (YWU) Makassar, Prof. Dr. H. Muh. Mokhtar Noer mengatakan, sebagai  lembaga penyelenggaraan selau mengemban dan menjunjung tinggi misi pendidikan dan da’wah. Oleh karena itu,  luaran atau alumni UMI tidak hanya dituntut memiliki kecerdasan intelektual keilmuan tetapi lwbih dari itu.

“Alumni juga harus memiliki kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kecerdasan social yang  berlandaskan keimanan yang tangguh,” demikian pesan Mokhtar Noer Jaya. (rls).

Pos terkait