SULAWESI SELATAN

Tanah Retak, Warga Kampung RT Buttu Tanga Mengunsi

Tana Toraja, Upeks.co.id–Personil Polsek Saluputti dipimpin Kapolsek IPTU Martinus Pararuk mendatangi tempat pengungsian warga. Di Kampung Buttu Tanga, Lembang Buri’,  Kecamatan Rembon Kabupaten Tana Toraja. Rabu (1/5/19).

Warga Kampung RT Buttu Tanga Dusun To’aok Lembang Buri’ sebanyak 34 Kepala Keluarga dengan jumlah 151 Jiwa tersebut meninggalkan rumah. Mereka mengunsi ke tempat yang aman. Saat ini pemerintah setempat menyediakan 2 (dua) rumah penduduk untuk digunakan sebagai tempat pengungsian sementara.

Pengungsian dilakukan karena kuatir akan terjadinya bencana, setelah adanya informasi dari warga setempat mengenai adanya ciri-ciri longsor di kampung mereka. Ciri longsor itu ditandai dengan adanya retakan permukaan tanah di beberapa titik. Retakan berada lebih tinggi dari rumah mereka.

Menurut salah seorang warga, retakan permukaan tanah terjadi pada hari Selasa (30/4/19). Sehari kemudian, Rabu, retakan emakin lebar dan jumlah titik retakan bertambah. Sehingga Polri, TNI, BPBD dan Pemerintah menyampaikan kepada masyarakat agar meninggalkan rumah dan mengamankan diri di rumah penduduk yang diperkirakan aman dan berjarak cukup jauh dari retakan tanah yang terjadi.

Hosting Unlimited Indonesia

Struktur tanah secara umum di kampung tersebut merupakan tanah yang lembab dengan permukaan yang terjal sehingga kemungkinan dapat terjadi bencana alam tanah longsor

Selain Kapolsek, juga hadir Danramil 09 Saluputti  Cornelius Lolok bersama Kepala BPBD Kab. Tana Toraja Alfian Andilolo, Kepala Lembang Buri’ Rembon dan warga masyarakat meninjau titik retakan tanah yang terjadi di kampung tersebut.

Kepala BPBD kemudian menyarankan warga masyarakat Kampung Buttu Tanga Lemb. Buri’ agar mengamankan diri dan waspada kemungkinan terjadinya bencana alam Tanah Longsor mengingat struktur tanah yang lembab, permukaan tanah yang terjal serta cuaca hujan yang terjadi pada tiga hari terakhir dapat berpotensi menimbulkan bencana.

Dalam kesempatan tersebut BPBD Kab. Tana Toraja kemudian menyerahkan bantuan berupa Sembako serta pakaian kepada para pengungsi untuk dipergunakan selama berada di pengungsian dan menyampaikan bahwa akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kab. Tana Toraja untuk menyediakan bantuan yang akan diberikan kepada para pengungsi. (Anton)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top