13 Kelompok Tani Desa Karueng Dapat Bantuan Bibit Jagung

  • Whatsapp

13 Kelompok Tani Desa Karueng Dapat Bantuan Bibit Jagung

ENREKANG, UPEKS.co.id — Kepala Desa Karueng, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang Usmayadi Syarifuddin terus berupaya meningkatkan
kesejahteraan warganya melalui bidang pertanian.

Bacaan Lainnya

Melihat warganya yang 70 persen hidup dari bertani jagung, Usmayadi mencoba melakukan upaya pendekatan kepada Pemkab Enrekang agar warganya
mendapat fasilitas bantuan berupa bibit jagung berkualitas. Atas upaya tersebut tahun 2019 sebanyak 13 kelompok tani di Desa Karueng akhirnya mendapat  bantuan jagung dari Pemkab Enrekang melalui Dinas Pertanian.

“Iya untuk tahap ini lebih dua ton bantuan bibit jagung diberikan kepada 13 kelompok tani secara merata. Alhamdulillah petani jagung sekarang sudah dapat  bantuan bibit jagung jenis terbaik dan mereka sangat gembira dan berterima kasih kepada Pemerintah Daerah,” kata Kades yang baru dua tahun lalu terpilih ini.

Ia mengatakan dari dulu bantuan seperti ini sangat diharapkan masyarakat Desa Karueng dan ternyata Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati sangat  tanggap terhadap keinginan para petani jagung. Apalagi bantuan bibit yang mereka terima adalah jenis bibir Bisi 18 yang kualitasnya lenih diatas daripada bibit  jenis Pertiwi dan Cobra.

Dengan bantuan bibit jagung jenis Bisi 18 tersebut Usmayadi yakin perekonomian masyarakat petani didesanya akan semakin meningkat apalago saat ini harga  jagung Rp 32,ribu perliter.

Selain bantuan bibit jagung, 13 Kelompok tani didesa Karueng Jug mendapat satu unit alat Pemipil jagung yang akan digunakang merontokka biji jagung dari  tongkolnya. Alat ini sangat membantu para petani jagung.

“Alat ini jika kitaau beli sendiri harganya mahal, sekitar 20 juta lebih. Alhamdulillah Pemkab Enrekang juga memberikan bantuan ini sehingga semakin merasa  sangat senang, artinya perhatian Bupati kepada masyarakat Desa Karueng memang betul – betul diwujudkan,” pungkasnya.

Usmayadi berharap dengan adanya bantuan Pemerintah melalui Finas Pertanian ini warganya dapat betul – betul memanfaatkan dengan baik apalagi bantuan  tersebut akan rutin diberikan setiap tahunnya. Perlu diketahui bahwa penghasilan para petani jagung yang ada di Desa Karueng jika diratakan satu petani bersih  mendapatkan Rp5 juta per satu kali panen. (Sry).

Pos terkait