ANEKA

Wabup Selayar Paparkan Isu Strategis Kemaritiman di Puslatbang KMP Makassar

MAKASSAR,UPEKS.co.id—Isu strategis pengembangan potensi kemaritiman daerah kepulauan jadi topik hangat  dibahas Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H. pada pelatihan kepemimpinan Tk. III  angkatan XX Tahun 2019.

Kegiatan yang diselenggarakan Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan  (Puslatbang KMP) itu berlangsung di Puslatbang KMP LAN di Jalan Raya Baruga Antang Makassar, Sabtu  (13/4/2019).

Menurut wabup, isu strategis kemaritiman ini sangat penting mengingat luas laut dunia mencapai 70% dibanding  daratan yang hanya sekitar 30%. Luas laut Indonesia 2/3 dari wilayah toritorial Indonesia, sisanya 1/3 luas daratan.

Sementara luas wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar 90% laut dan 10% daratan.

“Di dalam laut itu menyimpan banyak kekayaan, sehingga jadi penting untuk kita kelola dalam rangka  percepat kesejahteraan masyarakat,” ucap Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., saat dimintai keterangannya usai  menjadi narasumber pada pelatihan kepemimpinan tersebut.

Hosting Unlimited Indonesia

Khusus Kepulauan Selayar, Wakil Bupati mencontohkan bahwa selain isu pariwisata, isu kemaritiman menjadi  sumber inspirasi bagi ditetapkannya visi Kabupaten Kepulauan Selayar.

Menyinggung ditetapkannya UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemda yang antara lain mengatur  perluasan kewenangan provinsi di sektor kelautan, Zaiunuddin berharap agar suatu saat Gubernur melimpahkan  sebagian kewenangan di laut. Baik menyangkut pengelolaan, pemanfaatan, maupun pengawasan, terlebih saat
sekarang kewenangan kabupaten/kota hanya menyisakan 4 mil keluar dihitung dari saat air surut pada titik  terendah.

“Kita berharap bahwa nantinya untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat Selayar ada pendelegasian  kewenangan dari Gubernur ke Kabupaten Kepulauan Selayar. Ini adalah contoh kasus yang sampaikan kepada  peserta yang lainnya,” tuturnya.

Diketahui bahwa peserta dari pelatihan kepemimpinan Tk. III angkatan XX Tahun 2019 ini adalah para pejabat dan  calon pejabat eselon III dari berbagai instansi baik pemerintah daerah maupun instansi vertikal di Indonesia. (Sya).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top