Mudik Gratis Bareng BUMN, Jasa Raharja Sulsel Siapkan Kuota 1.556 Pemudik

  • Whatsapp

 

Mudik Gratis Bareng BUMN, Jasa Raharja Sulsel Siapkan Kuota 1.556 Pemudik

MUDIK BARENG. Tampak (tengah) Kepala Cabang Jasa Raharja Sulsel Jahja Joel Lami didampingi manajemen Jasa Raharja Cabang Sulsel dalam jumpa pers Program BUMN Mudik Bareng Idul Fitri 1440 H Tahun 2019 di
kantornya, Jl DR Ratulangi No. 77 Makassar, Selasa (09/04/19). IST.

MAKASSAR, UPEKS.co.id–Program BUMN Mudik Bareng Idul Fitri 1440 H Tahun 2019 sudah dimulai. Jasa  Raharja Cabang Sulsel tahun ini menyiapkan kuota 1.556 pemudik.

Bacaan Lainnya

Tahun lalu, Jasa Raharja sukses menyelenggarakan program yang sama dengan memberangkatkan 1.060  pemudik. Peningkatan jumlah kuota ini seiring dengan penambahan kota tujuan yakni Surabaya dan Malili.

Kepala Cabang Jasa Raharja Sulsel Jahja Joel Lami mengatakan, mudik gratis ini sebagai upaya mengalihkan ritual mudik masyarakat dari kendaraan roda dua ke moda transportasi massal. Sehingga keikutsertaan Perseroan  dalam program ini sebagai upaya andil dalam pencegahan lalu lintas jalan raya.

“Kita memindahkan moda transportasi roda dua ke angkutan massal yang layak dan nyaman. Jadi bagian dari  tindakan pencegahan kecelakaan di jalan raya. Karena mungkin kelelahan dan lainnya,” kata Jahja dalam jumpa  pers di kantornya, Jl DR Ratulangi No. 77 Makassar, Selasa (09/04/19).

Selain pencegahan, lanjut Jahja, Mudik Gratis Bareng BUMN diharapkan turut mengurai kemacetan. Dalam  kegiatan ini, Perseroan tetap memperhatikan tingkat kenyamanan para pemudik.

“Angkutan sangat aman dan nyaman. Kita gunakan bus terbaik di Makassar. Ada standarisasi bus yang kita pakai.  Karena perjalanan jauh sehingga benar-benar aspek kenyamanan kita utamakan,” sebut Jahja.

“Kelayakan kendaraan dicek untuk dipastikan 16 bus layak operasi. Bahkan pemeriksaan kesehatan untuk kru,”  imbuhnya.

Sebagai informasi, pemberangkatan BUMN Mudik Bareng 2019 yang diselenggarakan oleh Jasa Raharja akan  menggunakan dua moda transportasi yaitu moda transportasi darat sebanyak 16 Bus, dengan rincian Mangkutana  2 bus untuk 100 pemudik, Masamba 2 bus untuk 61 pemudik, Malili 2 bus untuk 64 pemudik, Mamuju 3 bus  melayani 94 pemudik, Palopo 3 bus melayani 93 pemudik, Toraja 4 bus melayani 144.

Kemudian, untuk moda transportasi kapal laut, tujuan Bau-Ba sebanyak 500 penumpang dan Surabaya  500 penumpang.

Pemberangkatan 16 Bus akan dilakukan serentak pada hari Jumat, 31 Mei 2019 di Parkiran Mall Phinisi Point. Sedangkan Kapal laut tujuan Bau-Bau dan Surabaya akan diberangkatkan mengikuti jadwal kapal di Pelabuhan Soekarno-Hatta.

Untuk jadwal pendaftaran, masing-masing pendaftaran Reguler/Offline bertempat di Kantor Jasa Raharja Cabang
Sulawesi Selatan dimulai tanggal 9 – 15 April 2019,

“Dokumen persyaratan yang wajib dibawa untuk diverifikasi yakni KTP/SIM C, Kartu Keluarga (KK), STNK Motor. Karena ini peralihan dari motor ke trasnportasi massal. Kalau masih tersedia kuota, di tanggal 16 sampai 20 April kita buka pendaftaran Online, diakses melalui laman mudik.jasaraharja.co.id,” pungkasnya. (hry).

Pos terkait