LPPR Makassar Kirim Magang Perawat ke Jepang

  • Whatsapp

LPPR Makassar Kirim Magang Perawat ke Jepang

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Rakyat (LPPR) Kota Makassar akan mengirim sebanyak 50 lulusan Akademi Perawatan (Akper) ke Jepang. Para perawat yang direkrut tersebut akan mengikuti magang di beberapa perusahaan rumah sakit di Jepang.

Bacaan Lainnya

Sebelum mengikuti program magang, mereka terlebih dulu mengikuti pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Celebes, Jalan Latimojong, Minggu (7/4/19).

Owner LPPR Makassar, Yadi Suryadi mengatakan, para peserta magang yang merupakan lulusan perawat tersebut akan di didik dan dilatih selama tiga bulan sebelum di berangkatkan ke Jepang.

“Kami bertugas mengemas persiapan ke Jepang. Kami berharap kualitas tenaga kerja yang kami kirim ke sana bisa lebih berkualitas. Makanya sebelum magang ke Jepang, mereka akan mengikuti pendidikan selama tiga bulan untuk mendapatkan sertifikat J.Test,” katanya.

LPPR Makassar Kirim Magang Perawat ke Jepang

Khusus untuk rekrutmen tenaga magang Indonesia Timur, lanjut Yadi, dipusatkan di Kota Makassar. Sedangkan Indonesia Barat dipusatkan di Jakarta. “Di Makassar ini ada 25 orang yang ikut magang, di Jakarta juga ada 25 orang. Jadi totalnya 50 orang yang akan kita kirim ke Jepang mengikuti magang,” ujarnya.

Di Jepang, kata Yadi, para peserta yang telah dinyatakan berkompeten akan mengikuti magang di sejumlah rumah sakit di Jepang selama tiga tahun.

“Selama magang, mereka akan mendapat sejumlah fasilitas, mulai dari tempat tinggal hingga uang saku (gaji). Bukan hanya itu, kami (LPPR) juga akan melakukan pengawasan dan pemantauan sebagai bentuk proteksi selama mereka disana (Jepang),” ujarnya.

Yadi menambahkan, selain magang perawat, LPPR Makassar juga menyediakan magang untuk umum, kerjasama perusahaan Panasonic dan beberapa perusahaan ternama lainnya di Jepang.

“Kalau magang perawat baru start tahun ini, belum cukup 10 orang yang magang disana. Sedangkan ada permintaan 150 orang, satu perusahaan itu menyerap 150 sampai 200 orang. LPPR sendiri ada kerjasama lima perusahaan. Tapi yang magang umum kita sudah mulai 2005 lalu, kita kirim 200-300 orang per tahun,” ungkapnya.

LPPR Makassar Kirim Magang Perawat ke Jepang

Sementara itu, Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal mengapresiasi kerja keras LPPR Makassar yang telah membuka peluang kerja bagi masyarakat Kota Makassar, khususnya bagi perawat untuk mendapatkan kesempatan kerja.

“Mudah-mudahan ini menjadi kesempatan bagi masyarakat khususnya tenaga magang perawat mendapatkan income, dan pengalaman sehingga dapat menjadi tenaga yang lebih profesional,” tuturnya.

Kedepannya, pria yang akrab disapa Deng Ical ini, berharap program magang yang dilakukan oleh LPPR Makassar ini dapat ditindaklanjuti kerjasama dengan komponen masyarakat, kelembagaan, termasuk pemerintah.

Sekadar diketahui, LPPR didirikan pada 6 Februari 2012 lalu. Lembaga ini bertugas sebagai fasilitator dan mediator dalam program bahasa Jepang, pengiriman tenaga trainee, enginering, dan perawat ke Jepang.(rif)

Pos terkait