ANEKA

Komitmen Masyarakat Diperlukan Wujudkan Sekolah Ramah Anak

GOWA, UPEKS.co.id– Selama kunjungan kerja yang dilakukan oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan
bersama Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni di 18 Kecamatan, sejumlah program pembangunan sumber  daya manusia dilaunching.

Salah satunya saat melakukan kunker di Kecamatan Barombong yang berlangsung di Kelurahan Somba Opu,  Jumat (12/4/2019), rombongan Bupati dan Wabup Gowa melakukan penandatanganan deklarasi mulai dari  komitmen menuju Kecamatan Layak Anak (KLA), komitmen Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop
Buang Air Besar Sembarangan (SBS) demi menuju Kecamatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)  2020 dan komitmen menuju Sekolah Ramah Anak.

Bupati mengungkapkan, pengembangan pemuda dan pemenuhan hak anak memang fokus utama  pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Gowa di masa akan datang.

Menurut Bupati Adnan, Sekolah Ramah Anak ini memang harus dimaksimalkan hingga ke tingkat kecamatan  untuk menekan jumlah kekerasan terhadap anak di lingkungan sekolah. Begitupun meminimalisir bullying terhadap  anak di sekolah.

“Dalam mewujudkan program Sekolah Ramah Anak, kita telah membentuk fasilitator bullying dan agen perubahan  bulliying.

Hingga saat ini sekitar 31 sekolah di Gowa baik di tingkat SD hingga SMP yang telah mendapat sertifikasi Sekolah  Ramah Anak dari Kemenristekdikti.

Hosting Unlimited Indonesia

“Seluruh pihak terkait akan kita dorong untuk semakin memaksimalkan dalam mewujudkan seluruh sekolah mulai
dari tingkat SD hingga SMP menjadi sekolah ramah anak,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Adnan juga menyampaikan terima kasihnya atas sambutan masyarakat  Kecamatan Barombong yang sangat meriah.

Apalagi lokasi kunker disini berada di kawasan Benteng Sombaopu  yang menjadi salah satu destinasi di Gowa.

“Ini kunjungan kami di hari kedelapan dan telah mengunjungi 16 kecamatan. Di tiap kunjungan kami  dapat sambutan sangat antusias dan baik, termasuk di Kecamatan Barombong, saya sangat bahagia  bisa berada di tengah-tengah masyarakat,” terangnya.

Sementara, Camat Barombong Anwar Asru menyampaikan terimakasihnya atas kedatangan rombongan Bupati  dan Wabup.

“Semoga kehadiran Bapak Bupati dan Wabup Gowa disini akan semakin memotivasi kinerja-kinerja pejabat di  lingkup kecamatan. Begitu pun akan semakin mempererat kedekatan emosional antara masyarakat dengan  pemimpinnya,” ungkapnya.

Dalam mempercepat pembangunan di wilayah Kecamatan Barombong 2019 ini mendapat anggaran sekitar  Rp12 miliar. Anggaran ini akan dilakukan untuk pengembangan pendidikan, perikanan, pemberdayaan  masyarakat, kesehatan, sosial dan kepemudaan, UMKM, termasuk infrastruktur.

“Semoga sarana dan prasana yang kita bangun dapat dimanfaatkan masyarakat dengan baik. Olehnya, kita  sangat berharap masyarakat bisa menjaga segala fasilitas ini,” katanya. (sofyan).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top