RAGAM

Jamaah Altaza Umrah Bersama Rasulullah SAW Di Quba

MADINAH, UPEKS.co.id – Jamaah Altaza Haji dan Umrah melakukan ibadah shalat sunnah di Masjid Quba, Madinah, Minggu 31 Maret 2019, yang amaliahnya sama seperti menjalankan ibadah umrah bersama Rasulullah Muhammad SAW.

Masjid Quba adalah sebuah masjid yang terletak di tepi Kota Madinah, tepatnya 3 km di arah selatan Masjid Nabawi. Masjid Quba adalah masjid pertama yang didirikan Rasulullah SAW pada tahun 1 Hijriyah atau sekitar 622 M, dalam perjalanan beliau hijrah dari Makkah ke Madinah.

Beberapa kilometer sebelum memasuki Madinah, Rasulullah SAW bersama Abu Bakar, singgah perkampungan Quba dan menginap selama empat hari di rumah Kultsum bin al-Hadam bin Amr al-Qais, seorang lelaki tua yang masuk Islam sebelum Rasul hijrah ke Yatsrib (sekarang Madinah.red). Di hari pertama di perkampungan Quba, Nabi membangun masjid.

Nabi, seperti diriwayatkan As Syimus binti An Nu`man, memikul batu-bata sendiri sehingga bongkok tubuhnya. Tubuh Nabi saat itu sampai penuh debu dan pasir. Tapi Nabi tidak mau para sahabat mengambil beban yang dibawanya. Ia meminta para sahabat agar membawa bahan-bahan bangunan yang lain.

Hosting Unlimited Indonesia

Masjid Quba dulunya berdiri di atas kebun kurma dengan luas 1.200 meter persegi. Setelah direnovasi, luasnya sekitar 5.860 meter persegi dan dapat menampung 20 ribu jamaah. Para sejarawan menyebutkan, tanah yang menjadi lahan pembangunan Masjid ini mulanya adalah lapangan milik Kultsum bin Hadam, yang biasa digunakan untuk menjemur kurma.

Berabad silam, Rasulullah SAW bersabda, Barangsiapa bersuci di rumahnya kemudian mendatangi masjid Quba dan salat di dalamnya, maka ia akan mendapatkan pahala umrah. (HR. Ibnu Majah). Dalam riwayat lain disebutkan, keutamaannya sama seperti menjalankan ibadah umrah bersama Rasulullah SAW.

Keutamaan Masjid Quba juga disinggung dalam Alquran, surat At Taubah ayat 108: “Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut kamu bersembahyang di dalamnya.”

Semasa hidupnya, Rasulullah SAW selalu pergi ke Masjid Quba setiap hari Sabtu, Senin dan Kamis. Setelah Rasulullah wafat, para sahabat selalu menziarahi masjid ini dan melakukan salat di dalamnya.

Masjid Quba ini adalah salah satu masjid yang paling disucikan (dimuliakan) oleh Allah setelah Masjid al-Haram (Makkah), Masjid Nabawi (Madinah), dan Masjid al-Aqsha/Baitul Maqdis (Palestina).

Selain beribadah di Masjid Quba, jamaah Altaza juga mengunjungi situs bersejarah islam lainnya selama berada di Madinah, seperti Jabal Uhud, Masjid Qiblatain (dua kiblat), Masjid Khandaq (lokasi perang parit), dan pemakaman Baqi. (mah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top