EDUKASI BUDAYA

Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Nazaruddin Umar Bahas Hikmah Isra Mi’raj di UMI

MAKASSAR,UPEKS,co.id—Cukup banyak hikmah penting di balik peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Salah satu diantaranya, momentum untuk
perkuat silaturahim sesama manusia.

Untuk tu, sebagai bagian dari Yayasan Wakaf UMI, kita harus terus aktif menjaga hubungan antara satu dengan yang lain, karena itu akan berbuah keberkahan.

Hal tersebut dikemukakan Rektor UMI, Prof Basri Modding,SE saat sambutan acara Isra Miraj Nabi Muhammad SAW di Auditotium Al jibra, kampus II UMI,  Rabu (10/4).

Isra miraj dihadiri, Ketua Pembina Yayasan Wakaf UMI Makassar, Prof Mansyur Ramly, Ketua Yayasan Wakaf UMI Mokhtar Noer Jaya, Rektor UMI 2010-
2018m Prof Dr Hj Masrurah Mochtar, para wakil rektor, dosen, karyawan serta kalangan mahasiswa.

Hosting Unlimited Indonesia

Menurut rektor, terdapat tiga bentuk persaudaraan yang sangat penting. Diantaranya, ukhuwah Islamiah (persaudaraan sesama Islam), ukhuwah Wathoniah  (persaudaraan sesama warga negara), ukhuwah Basyariah (persaudaraan sesama manusia).

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof Dr Nazaruddin Umar saat paparkan hikmah Isra Miraj menegaskan, sesungguhnya isra itu perjalanan  horisontal dari masjidil Haram, Makkah ke masjidil Aqsa.

Selanjutnya prosesi mi’raj dari Masjidil Aqsa di Palestina ke Sidratul Mutaha, merupakan perjalanan vertikal (ke atas) antara hamba yang dicintai dengan Allah  Swt. Hanya hamba Allah Swt yang menempel pada Allah yang mampu ber-mi’raj.

Mereka yang telah miraj, sesungguhnya punya kemampuan meminjam mata dan telinga Allah untuk melihat dan mendengar. Dengan demikian yang bersangkutan  tak akan mungkin bisa dibohongi, kata Nazaruddin.

Dibagian lain, Nazaruddin menandaskan, filosofi berwudhu dan shalat. Wushu bukan hanya sekedar membasuh organ tubuh. Tapi sesungghnya, mengandung doa  dan harapan agar organ seeluruh tubuh yang dibasuh dan sering melakukan dosa itu dapat dibersihkan. (arf).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top