HUT ke-441 Sumedang Akan Dihebohkan Carnaval Simpati

SUMEDANG – HUT Kabupaten Sumedang ke-441 akan ramai. Karena, akan digelar Carnaval sinergisitas Menuju Sumedang Simpati. Kegiatannya dihelat 27 April 2019. Lokasi start dan finish di Alun-alun Sumedang.

Carnaval ini mengambil tema Kolaborasi Menuju Sumedang Simpati, Mengentaskan Kemiskinan dan Memberdayakan UMKM. Rute yang diambil Alun alun – Jl. Raden Suyud – Pertigaan Palasari/Cangkudu – Pertigaan Sayang – Jl. Pangenran Santri – Perempatan Gudang Kopi – Pertigaan BNI – Jl P. Geusan Ulun – Alun Alun.

Bacaan Lainnya

Dalam Carnaval ini, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir juga akan terlibat sebagai tim juri. Penilaian meliputi keseragaman, kesesuaian dengan tema, dan kekompakan.

“Kita ingin seluruh masyarakat Sumedang ikut memeriahkan kegiatan ini. Semua pejabat Pemda dan aparat juga akan ikut melebur dengan masyarakat,” ujar Bupati Dony didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Agus Sukandar, Jumat (19/4).

Bupati Dony menambahkan, dengan adanya carnaval ini, diharapkan bisa mendongkrak perekonomian kerakyatan di Sumedang. Karena Mengentaskan Kemiskinan dan Memberdayakan UMKM menjadi tujuannya.

“Adapun tujuannya agar tercipta semangat kebersamaan dalam upaya bersama-sama membangun Sumedang. Dengan mendorong kemajuan UMKM dan mengurangi angka kemiskinan,” kata Bupati Dony.

Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung mengatakan, carnaval ini membawa berkah bagi para penjaja kuliner yang nanti berjejer rapi di sepanjang jalan. Begitu juga para pedagang kaki lima yang menjajakan aneka kerajinan atau mainan anak-anak.

“Sebuah event memang harus menjadi berkah bagi masyarakat. Pariwisata harus berjalan selaras serta mensejahterakan masyarakat,” kata Adella Raung yang diamini oleh Kepala Bidang Pemasaran Area I (Jawa), Wawan Gunawan.

Wawan Gunawan menambahkan, atraksi-atraksi wisata seperti ini harus rutin digelar di Sumedang. Sehingga potensi Sumedang akan makin terekspose oleh media. Pertumbuhan pariwisata Sumedang pun bisa makin cepat berkembang.

“Kalau berbicara potensi, Sumedang tidak ada habisnya. Tinggal sekarang konsistensi dari seluruh stakeholder pariwisatanya untuk terus berkomitmen membangun pariwisata Sumedang. Contohnya dengan atraksi seperti ini,” ucap Wawan.

Acungan dua jempol diberikan Menpar Arief Yahya kepada kepala daerah Sumedang. Dia yakin bahwa potensi pergerakan orang dalam jumlah masif, akan menggerakkan ekonomi.

Baginya, pergerakan orang sama dengan pergerakan bisnis. Setiap pergerakan orang akan menciptakan pergerakan ekonomi, pergerakan barang dan jasa. Karena itu industri pariwisata pasti akan ikut bergerak.

“Direct impact dan indirect impact-nya besar. Sumedang ramai semua ikut kebagian rezeki. Belum lagi coverage media. Potensi Sumedang akan semakin terangkat lagi. Namun semua bisa terwujud bila ada CEO Commitment daerah. Sukses untuk pariwisata Sumedang. Salam Pesona Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya.(*)