SULAWESI SELATAN

Gerakan Door To Door, Bawaslu Selayar Cegah Money Politik 

Makassar, Upeks.co.id–Badan pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Kepulauan Selayar menggelar sosialisasi Gedor (Gerakan Door to Door) dalam rangka pencegahan Politik Uang atau Money Politik Pemilu 2019, berlangsung di Gedung Rayhan Square, Jl. Jend. Ahmad Yani, Benteng Kepulauan Selayar, Senin ( 1/4/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu hari Minggu dan Senin dimana bagian dari Penyebaran larangan tentang pencegahan politik uang yang disampaikan oleh Panitia Pengawasan Lapangan ( PPL) Bawaslu di beberapa rumah rumah penduduk dalam wilayah yang strategis.

Sosialisasi dengan tema Gedor dihadiri Komisioner Bawaslu Kabupaten, Abd Kadir, Sekretaris Andi Irwan bersama anggota lainnya, Ketua Panwascam se-Kecamatan Kepulauan Selayar dan Ketua Panitia Pengawas Lapangan (PPL), sebagai peserta, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Abdul Kadir, mengatakan kepada awak media bahwa gerakan door to door oleh pengawas pemilu mulai dari tempat pemungutan suara (TPS)Desa dan Kelurahan bisa menyebarkan brosur brosur seperti sticker yang disebarkan supaya masyarakat memahami.

Agar masyarakat memahami bahwa beginilah gerakan Bawaslu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pencegahan politik uang.

Ia berharap tidak ada rintangan yang dihadapi dan dapat mengawasi politik uang oleh tim, tentunya di tim ini bekerja sama dengan aparat keamanan.

Hosting Unlimited Indonesia

Mudah mudahan tidak ada rintangan karena kita sudah menginfokan kepada Panwascam, PPL dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), kata Abdul Kadir.

Sementara itu Ketua Bawaslu Provinsi Sulsel, Drs Saiful Jihad mengatakan kepada awak media bahwa Pemilu ini adalah pesta bersama,dan kita berharap KPU dan Bawaslu dan semua elemen masyarakat ikut terlibat serta  mengawal proses pemilu agar pemilu bisa lebih baik dan bisa terjaga kualitasnya.

Drs. Saiful juga menjelaskan hal hal yang merusak proses pemilu seperti money politik atau politik uang.
Ini dipastikan harus terjaga, kemudian dengan harapan kita di pemilu ini kita bisa menjaga dengan baik, jaga kedamaian dan terciptanya kesejukan dari hal hal hasutan, adu domba, fitnah, hoax mari kita hindari bersama sama,” ungkap Saiful.

Selain itu, Drs. Saiful Jihad menegaskan terkait pelaporan temuan pelanggaran Pemilu, bahwa yang terjadi di Kabupaten dilaporkan ke Kabupaten untuk ditangani sampai ke provinsi.

Di Bawaslu bukan hanya penindakan tapi juga pencegahan justru selalu mengedapankan sehingga kegiatan yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten sangat di apresiasi.tandasnya

Sementara Ketua Bawaslu Kepulauan Selayar, Suharno, SH, dalam keterangan persnya, menyampaikan bahwa, kegiatan ini menghadirkan tokoh masyarakat dalam kegiatan pengawasan partisipastif.

Masyarakat bisa ikut mensosialisasikan diwilayahnya masing masing, tentang sosialisasi pencegahan politik uang serta informasi larangan dalam pelaksanaan pemilu”, ujar Ketua Bawaslu Suharno. (Sya)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top