Edukasi Pelajar, Kanwil DJPb Sulsel “Menyapa” SMAN 5 Makassar

  • Whatsapp

 

Edukasi Pelajar, Kanwil DJPb Sulsel “Menyapa” SMAN 5 Makassar
MENYAPA. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sulsel, Sudarmanto sambutan kegiatan “Perbendaharaan Menyapa” di Aula SMA Negeri 5 Makassar,
Selasa (09/04/19). IST.

MAKASSAR, UPEKS.co.id–Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan “Perbendaharaan  Menyapa” di Aula SMA Negeri 5 Makassar, Selasa (09/04/19). Rangkaian Hari Bakti Perbendaharaan ini difokuskan untuk mengedukasi para pelajar.

Bacaan Lainnya

Sudarmanto mengatakan, kegiatan ini bertujuan perkenalkan identitas dan juga tugas institusi DJPb, khususnya Kanwil DJPb dan KPPN yang ada di Sulsel
kepada para pelajar. Agar para pelajar juga mengetahui dan memahami tugas DJPb.

Dalam kesempatan ini, Sudarmanto memaparkan tiga fungsi APBN. fungsi alokasi, fungsi distribusi, dan fungsi stabilisasi. Digambarkan dengan bahasa dan  analogi yang sederhana dan mudah dipahami.

Dikatakannya, fungsi alokasi berkaitan dengan alokasi anggaran Pemerintah untuk tujuan pembangunan nasional, terutama dalam mengalokasikan anggaran di  seluruh wilayah Indonesia yang sangat luas dan tersebar di berbagai pulau.

Kemudian, fungsi distribusi berkaitan dengan distribusi pendapatan dan subsidi dalam upaya peningkatan kesejahteraan rakyat, dengan mempertimbangkan  kebutuhan setiap daerah yang berbeda-beda kebutuhannya.

“APBN didistribusikan dengan adil sehingga tidak menimbulkan konflik antar daerah,” sebutnya di acara yang mengusung tema “Tingkatkan Sinergi untuk  Kemakmuran Negeri” itu.

Terakhir, Ia melanjutkan terkait fungsi stabilisasi berkaitan dengan upaya untuk menjaga stabilitas dan akselerasi kinerja ekonomi sehingga perekonomian tetap  pada kondisi yang produktif, efisien, dan stabil. Selain itu, Sudarmanto memperkelkan peran DJPb dan kantor-kantor vertikal DJPb di Sulsel serta memotivasi
para siswa.

“Kemenkeu membuka kesempatan yang luas untuk menjadi calon-calon pegawai yang profesional dan handal, diantaranya melalui Politeknik Keuangan Negara  STAN (PKN-STAN),” pungkasnya.

Kepala sekolah SMA Negeri 5 Makassar, Atmam Amir, menyambut baik penyelenggaraan acara oleh Tim dari Kanwil DJPb Provinsi Sulsel. Menurutnya, Ditjen  Perbendaharaan adalah organisasi yang sangat penting di Republik Indonesia, tugasnya mengelola seluruh APBN”, tegasnya dalam sambutan.

“Kegiatan kali ini diharapkan akan melengkapi pemahaman para siswa terkait APBN dari sisi belanja negara sehingga para siswa memiliki pemahaman yang  komprehensif tentang APBN,” harapnya. (hry).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *