SULAWESI SELATAN

Di Mukernas ke-10, PDUI-KDI Bersinergi Sejahterakan Dokter Indonesia

Jakarta, Upeks.co.id– Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) gelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-10, di Hotel Sheraton Gandaria City Jakarta, Sabtu-Minggu (30-30/3/2019) kemarin.

Kali ini, Mukernas bertajuk tema Optimalisasi Kolegium dan Peningkatan Kesejahteraan Dokter Untuk Indonesia Berkemajuan serta dibuka langsung oleh Menteri Kesehatan Prof. Dr. Nila Juwita Moeloek, Sp.M (K).

Mukernas ini dihadiri oleh pengurus pusat dan cabang PDUI seluruh Indonesia diantaranya, ketua KDI Prof. Dr. Syarifuddin Wahid, Ph.D, Sp.PA(K), Ketua BP2PKB PB IDI Prof. Dr. Purnawan Junaedi, Ph.D, Ketua AIPKI Dr. Machmud Ghaznawi, Ph.D, Sp.PA(K) dan Ketua bidang riset dan publikasi PB IDI Dr. Marhaen Harjo, M.Biomed, PhD.

ketua KDI Prof. Dr. Syarifuddin Wahid, Ph.D, Sp.PA(K)menegaskan bahwa KDI adalah kolegium dokter umum yang merupakan kolegium dari PDUI.

Hosting Unlimited Indonesia

“Hal ini berdasarkan hasil muktamar ke-30 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tahun lalu di Samarinda. Sehingga tentunya hal ini merupakan momentum Kolegium Dokter Indonesia (KDI) kembali kepangkuan Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) dan saling bersinergi dalam mensejahterakan dokter di Indonesia tentunya,” terangnya dalam keterangan rilisnya kepada Upeks.

Selain itu, lanjut dia, pemberian SKP untuk dokter akan diperluas untuk kegiatan pengajaran, penelitian dan publikasi ilmiah. Dengan demikian kata dia,  dokter yang menjadi peneliti tetap bisa memperoleh SKP dari IDI.

Sementara itu, irektur Lembaga Riset dan Publikasi PB IDI, Dokter Marhaen Hardjo M.Biomed Ph.D menambahkan bahwa KDI secara dejure sesuai SK adalah perangkat struktural PB IDI.

“Tetapi secara defacto berdasarkan keputusan Muktamar IDI Samarinda adalah milik sah dari PDUI,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, pemberian SKP untuk dokter akan diperluas untuk kegiatan pengajaran, penelitian dan publikasi ilmiah.

“Dengan demikian,  dokter yang menjadi peneliti tetap bisa memperoleh SKP dari IDI,” kuncinya. (Mimi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top