SULAWESI SELATAN

Zainuddin: Masyarakat Maritim Sejahtera Harga Mati di Tahun 2021

Selayar, Upeks.co.id–Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar kembali  menggelar Jumpa Pers terkait  Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun Anggaran 2016-2019 di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Bidang Kepemudaan dan Olahraga, dan Bidang Kesatuan Bangsa dan Politik.kegiatan ini  Berlangsung di Bamboo Coffe, Balang Sembo, Kelurahan Putabangun, Kecamatan Bontoharu, Selasa (19/03/19).

Hosting Unlimited Indonesia
Jumpa pers yang dipandu oleh Kabag Humas dan Protokol Sitti Rahmania, S.H., menghadirkan 3 narasumber, masing-masing Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Mustakim KR, M.M., M.Pd, Kadis Kepemudaan dan Olahraga Drs. Ahmad Ansar, M.Si, serta Kepala Badan Kesbang dan Politik Ince Rahim, S.Pd., S.H., M.H.,. Hadir pula Kepala Bappelitbangda Drs. H. Basok Lewa, Inspektur Kabupaten Ar. Krg Magassing, S.H., M.H., Asisten Ekbang dan Kesejahteraan Ir H. Arfang Arif, Asisten Administrasi Drs. Dahlul Malik, M.H., serta Kadis Tata Ruang dan Pemukiman Ir. Amirullah bersama para awak media dan undangan lainnya.
Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., dalam  sambutanya mengucapkan terima kasih kepada awak media yang sudah hadir dalam Jumpa Pers yang digelar Pemda Selayar.
“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur sekali karena mimpi-mimpi saya hari ini sudah jadi kenyataan. Sebagai debut awal pada hari ini akan dilanjutkan bulan berikutnya dan kalau bisa sudah menjadi tradisi  bulanan,” kata Wabup Selayar.
Diawali kadis pendidikan dan kebudayaan ia mengatakan  terkait visinya: terwujudnya layanan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter berdasarkan nilai agama dan budayaDari 14 program gratis Pemda ada satu yang  ditangani  Dinas Pendidikan, sekaligus merupakan kegiatan/program yang sangat menunjang tuntasnya wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun, artinya penuntasan sekolah dasar (SD dan SMP) dan  bantuan seragam sekolah bagi siswa yang baru masuk SD dan SMP,  pada tahun anggaran 2018 sudah digratiskan 3242 siswa.tuturnyalebih lanjut ia menjelaskan bagi masyarakat yang ingin ikut ujian paket, harus  mendaftar setahun sebelum mngikuti ujian paket tersebut, karena mengikuti paket ditahun ini berbeda dengan tahun tahun kemarin, ditahun ini bagi mereka yang mendaftar paket harus mngikuti pembelajaran  atau pendidikan dulu selama 6 bulan.ungkap kadis pendidikanHasil dari program pemberian pakaian gratis kepada siswa yang kurang mampu.
“Alhamdulillah semakin meningkat untuk sekolah, sehingga dapat mengurangi persentase angka putus sekolah,” jelasnya.
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar Drs. Mustakim KR, M.M., M.Pd dalam paparannya menyebut ada 5 program utama pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam mendukung terwujudnya masyarakat maritim yang sejahtera.
Program dimaksud masing-masing adalah program penuntasan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun, program peningkatan mutu pendidikan, program peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, program peningkatan mutu pendidikan non formal, serta program pengembangan nilai budaya.
Kendati demikian Mustakim mengatakan lima program utama itu kemudian dikembangkan menjadi beberapa kegiatan pada pada Lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar.Drs. Mustakim juga menambahkan kalau sarana dan prasarana yang sudah dibangun dan disediakan oleh pemerintah pada tahun 2018 itu sebanyak 26 sekolah, 11 SD dan 15 SMP.Sarana dan prasarana yang dibangun dan disediakan itu diantaranya, ruang belajar siswa, ruang guru, pagar sekolah, pembangunan gedung baru, perumahan guru, dan asrama siswa.
Tandasnya kemudian Kadispora Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. Andi Ansar, MH., menjelaskan terkait pembinaan generasi muda berprestasi.
“Setiap Jum’at kami laksanakan pembinaan generasi muda yang kami rekrut dari sekolah-sekolah yang ada di  Kabupaten Kepulauan Selayar, khususnya daratan untuk pembinaan English Part Comunity Tanadoang”.
Tujuan dari pembinaan ini untuk memberikan pengetahuan bahasa Inggris kepada anak-anak kita yang masih di kategorikan sebagai urusan kepemuda, usia 16-30 tahun. Tempatnya itu di Taman Pusaka, dan yang aktif dalam kegiatan tersebut ada sekitar 100 orang dari beberapa kecamatan, ungkapnya.Olehnya itu, lanjut Andi Ansar, ini bisa menjadi modal untuk menyambut kabupaten kepulauan Selayar untuk proyeksi terkait dengan Kawasan Ekonomi Khusus.( KEK)Lebih lanjut, Ince Rahim, S.Pd., SH., MH., selaku Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dalam sambutanya mengungkapkan bahwa  kegiatan ini  luar biasa dan merupakan sebuah terobosan yang diselenggarakan  oleh pemda, ia  menjelaskan terkait tugas Badan Kesbangpol salah satunya adalah membantu pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam rangka menciptakan stabilitas politik dan keamanan bangsa dan negarakemudian melanjutkan keteranganya ia juga menjelaskan bahwa
stabilitas politik  harus dijaga dan telah melahirkan  3 stabilitas penting:
surat keputusan tentang  tim pemantau , surat keputusan tentang kewaspadaan dini daerah serta
surat keputusan tentang pembentukan penangan konflik sosial.tandasnya bupati dan wakil bupati melalui kesbangpol melakukan sosialisasi tentang pencegahan narkoba, dan baru baru ini kesbangpol melakukan pembeniaan warga binaan di rutan selayarMengakhiri keteranganya ia menjelaskan salah satu keberhasilan pemerintahan Basli Ali – Zainuddin.
Diantaranya, berhasil mendapatkan dua kali pencapaian WTP, memperoleh penghargaan Presiden tentang pengelolaan kesehatan gratis, penghargaan sebagai inisiator pemberdayaan perempuan, dan sejumlah program-program gratis yang sudah berjalan, ujarnya ( Sya)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top