ANEKA

Telkomsel “Baktiku Negeriku” Berdayakan Masyarakat Selayar

SELAYAR,UPEKS.co.id—Telkomsel melanjutkan program pemberdayaan masyarakat bertajuk “Baktiku Negeriku”  yang berlangsung sejak tahun lalu.

Program Corporate Social Responsibility (CSR) ini menitik beratkan pada peningkatan kualitas kehidupan  masyarakat di berbagai daerah pelosok di Indonesia melalui teknologi, pemberdayaan masyarakat serta  pendidikan.

Khusus di Area Pamasuka, kegiatan dilaksanakan di Kepulauan Selayar di Desa Bonto Sunggu (20 – 22 Maret
2019), Labengki (27-29 Maret 2019) dan Kaimana di Papua (23-25 April 2019). Rangkaian kegiatan Baktiku
Negeriku Kepulauan Selayar meliputi edukasi digital marketing, entrepreneurship, e-logistik, teknik fotografi, dan  dilanjutkan dengan penanaman bakau.

Telkomsel juga memberikan fasilitas Digital Center yang berisi dua unit komputer desktop, satu unit smart TV, koneksi internet selama satu tahun, yang diresmikan oleh Manager Branch Telkomsel Makassar, Andi Reza,  Kepala Desa Bonto Sunggu, Syamsul Bahri, SE., Sekretaris Camat Bonto Haru, Batara, disaksikan oleh seluruh warga desa Bonto Sunggu, simbolis dengan dilaksanakannya pemotongan pita.

Manager Branch Telkomsel Makassar, Andi Reza, mengatakan, “Sebagai perusahaan yang beroperasi sangat dekat dengan masyarakat, Telkomsel ingin memberikan manfaat yang lebih kepada lingkungannya.

Kami harap hubungan yang erat dengan masyarakat sekitar tidak sebatas dalam pemanfaatan layanan telekomunikasi, namun juga dengan membangun kepercayaan dan kepedulian yang kuat untuk mengembangkan potensi desa dan masyarakat di wilayah tersebut, ujarnya

“Baktiku Negeriku” diadakan dengan berbagai aktivitas, seperti kerja sukarela karyawan (employee volunteering),  dimana karyawan Telkomsel terpilih akan melakukan sosialisasi pemasaran hasil daerah menggunakan internet  melalui edukasi Digital Marketing, e-Logistics, Entrepreneurships, Photography, serta pemanfaatan aplikasi  LinkAja untuk mendorong kemajuan desa melalui pemanfaatan teknologi digital,” ujarnya.

Program ini juga meliputi pelatihan bagi anak muda setempat mengenai pemanfaatan teknologi informasi yang  melibatkan masyarakat lokal (local youth empowerment). Setelah mendapatkan pelatihan, mereka diharapkan dapat menjadi “agen perubahan” yang akan memimpin komunitas lokal menuju kehidupan yang lebih baik dengan pemanfaatan teknologi.

Hosting Unlimited Indonesia

Program yang menyasar pertumbuhan berkelanjutan ini juga meliputi pembangunan dan renovasi fasilitas umum, pusat media dan edukasi warga, dan revitalisasi kebun mangroove. Hal ini dilakukan melalui kolaborasi dengan pemerintah daerah setempat, TNI, dan pemangku kepentingan lainnya.

Selain itu, akan dibangun juga pusat digital yang dilengkapi perangkat komputer dengan akses Wi-Fi. Pada pusat digital ini, para warga bisa belajar lebih banyak mengenai pemanfaatan teknologi digital dengan didampingi oleh agen perubahan setempat yang telah mendapatkan pelatihan dari Telkomsel.

Hal ini diharapkan mampu menginspirasi anak muda tersebut untuk kembali membangun desanya dengan segenap potensi dan kearifan lokal yang dimilikinya.

“Program ini sekaligus memberikan kesempatan kepada karyawan Telkomsel untuk mengasah diri dan meningkatkan kemampuan untuk bisa turun tangan memberikan kontribusi yang positif secara langsung kepada masyarakat. Kami pun berharap program ini dapat mempererat komunikasi yang terjalin antara karyawan Telkomsel dengan masyarakat setempat,” tutup Reza.

Persiapan “Baktiku Negeriku” diawali dengan survey serta pemetaan pemilihan lokasi sesuai tujuan program. Lokasi terpilih merupakan daerah-daerah dengan taraf kehidupan masyarakat yang relatif rendah namun memiliki potensi sumber daya alam dan kearifan lokal yang unik.

Tahun 2019 ini, “Baktiku Negeriku” akan dilaksanakan di 10 titik yang tersebar di seluruh Indonesia diantaranya Samosir, Sawah Lunto/Kumbayao, Purwakarta, Garut, Cianjur, Tabanan, Mandalika, Selayar, Labengki, dan ditutup di Kaimana. Untuk memperluas pembangunan potensi ekonomi masyarakat Indonesia, ke depannya program ini ke depannya akan dilanjutkan untuk berbagai wilayah pelosok lainnya.

Telkomsel adalah operator seluler terbesar di Indonesia dengan jumlah pelanggan mencapai lebih dari 190 juta. Untuk melayani pelanggannya yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk juga di daerah terpencil dan pulau terluar serta daerah perbatasan negara, Telkomsel menggelar lebih dari 152.000 BTS.

Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan teknologi seluler terkini dan menjadi yang pertama meluncurkan secara komersial layanan mobile 4G LTE di Indonesia.

Memasuki era digital, Telkomsel terus mengembangkan bisnis digital, diantaranya Digital Advertising, Digital Lifestyle, Mobile Financial Services, dan Internet of Things. Untuk melayani kebutuhan pelanggan, Telkomsel menggelar call center 24 jam dan layanan GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia. (rls).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top