Luwu Timur Kabupaten Pengelola ArsipTerbaik di Sulsel

Luwu Timur Kabupaten Pengelola ArsipTerbaik di Sulsel

LUTIM,UPEKS.co.id—Kabupaten Luwu Timur merupakan satu-satunya kabupaten di Sulsel dari 24 Kabupaten/Kota penerima sertifikat dalam bidang pengelolaan dan pengawasan kearsipan dengan predikat Baik.

Bacaan Lainnya

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah, Satri saat apel di halaman Kantor Bupati, Senin (04/03/2019).

“Saya ucapkan selamat kepada Dinas kearsipan atas prestasinya. Kedepan, saya minta capaian ini dapat  dipertahankan, kalau perlu ditingkatkan,” harapnya.

Husler bertekad untuk dapat menjadikan capaian ini lebih baik lagi di tahun yang akan datang. “Tahun depan,  semoga kita dapat untuk mencapai predikat “Sangat Baik”,” sambungnya lagi.

Penyerahan piagam penghargaan ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan,  Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009  tentang Kearsipan dan Keputusan Arsip Nasional Repubik Indonesia Nomor 32 Tahun 2019.

Sementara Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kab. Luwu Timur, Satri mengatakan, Arsip  Nasional Republik Indonesia (ANRI) memberikan penghargaan.

Hasil pengawasan tersebut, sebagai bukti dan komitmen ANRI sebagai lembaga pembina Kearsipan Nasional, untuk senantiasa memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan Kearsipan Daerah.

Pengelolaan Arsip, lanjut Satri, merupakan salah satu hal yang sangat penting dan fundamental untuk  mewujudkan penyelenggaraan administrasi Pemerintahan yang efektif dan efisien.

“Pencatatan informasi yang dihasilkan dalam penyelenggaraan administrasi Pemerintahan sudah seharusnya  mengikuti kaidah-kaidah atau prinsip-prinsip kearsipan,” kata Satri pada saat ditanyai setelah apel penyerahan.

Arsip digunakan tidak hanya sebagai catatan historis, tetapi juga sebagai informasi dalam pengambilan keputusan  yang bersifat teknis dan strategis di dalam penyelenggaraan administrasi Pemerintahan.

Setelah penyerahan Piagam Penghargaan Arsip, juga dilakukan penyerahan PKP2A II LAN Dari Sekretaris Daerah  Kabupaten Luwu Timur, H. Bahri Suli ke Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler. (hms/ikp/kominfo)

Pos terkait