ANEKA

KPU Kolaka Mulai Lakukan Pelipatan Kertas Suara Pilpres

 


LIPAT KERTAS SUARA.. Suasana pelipatan dan penyortiran kertas suara di KPU Kolaka. (foto:pil).

KOLAKA, UPEKS.co.id—Komisioner Pemilihan Umum(KPU) Kolaka mulai melakukan pelipatan dan menyortir  kertas suara untuk kertas suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden(Pilpres). Berlangsung di kantor KPU
Kolaka. Kamis (7/3/19) melibatkan tenaga kerja sekira seratusan orang.

Kasubag Keuangan Umum dan Logistik Irfan yang dikonfirmasi upeks terkait hal ini, menjelaskan KPU sudah mulai melakukan pelipatan dan penyortiran kertas suara untuk Pilpres dan Wakil Presiden dengan melibatkan tenaga  kerja sekira seratusan orang.

“Jadi kertas suara yang sudah mulai dilipat dan disortir hari ini(red,) adalah kertas suara peresiden dan wakil  presiden,”jelas Irfan di ruang kerjanya.

Dikataknnya, kertas suara yang diterima KPU Kolaka sebanyak 162.392 lembar itu sudah termasuk kertas suara  tambahan sebanyak dua persen.

Hosting Unlimited Indonesia

Meski demikian kata Irfan setelah dilakukan pelipatan dan penyortiran banyak kertas suara yang rusak, seprti  sobek, warnanya buram, ada noda pada pada baju salah satu satu pasangan capres, bahkan ada salah pasangan  capres yang tidak ada fotonya itu tidak dilipat tetapi masuk sebagai kertas suara yang cacat.

“Jadi kertas suara yang dianilai cacat ini belum bisa dihitung, nanti setelah selesai pelipatan baru bisa dihitung  berapa kertas suara yang cacat. Nanti akan dibuatkan berita acara selanjutnya dilaporlan ke KPU Provinsi dan  KPU RI untuk dimintakan kembali gantinya surat suara yang rusak,”ungkap Irfan.

Dikatakannya suara yang sudah diterima KPU diantaranya kertas suara DPD tetapi kertasnya masih kurang.  Termasuk kertas suara untuk DPRD Kabupaten kertas suara Dapil I dan III masih kurang.
“Jadi baru kertas suara untuk Dapil 4 dan 2 yang sudah cukup,”kata Irfan.

Sementara kertas suara untuk DPR RI dan DPRD Provinsi semuanya sudah cukup.  “Jadi nanti setelah selesai pelipatan kertas suara pilpres baru dilanjutkan pelipatan dan penyortirannya,”ujar Irfan.  (pil)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top