Husler : Orientasi Mabigus Harus Pembinaan Generasi Muda

Husler : Orientasi Mabigus Harus Pembinaan Generasi MudaLUTIM,UPEKS.co.id—Sebanyak 87 orang peserta mengikuti Orientasi Majelis Pembimbing Gugus Depan
(MABIGUS) Tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA se-Kabupaten Luwu Timur, bertempat di Landmark Luwu Timur, Sabtu (16/03/2019) malam.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas pembimbing Pramuka dalam menginternalisasikan nilai keutuhan, kebudayaan, kepemimpiman, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian para peserta didik.

Bacaan Lainnya

Orientasi ini dilakukan selama empat hari, 14 s/d 17 Maret 2019. Pesertanya, para kepala sekolah SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta dalam wilayah Kecamatan Burau, Wotu, Tomoni, Mangkutana, Kalaena dan Tomoni Timur.

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, saat menghadiri malam terakhir Orientasi MABIGUS yang ke II Tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA se-Kabupaten Luwu Timur yang rangkaikan penyalaan api unggun mengatakan, Orientasi Mabigus Gugus Depan bermaksud untuk mengikat persatuan, kebersamaan dan keterpaduan serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

“Dengan adanya kursus orientasi ini, semoga pemahaman tentang fungsi Mabigus akan meningkat sehingga berdampak pada peningkatan pembinaan Pramuka di sekolah maupun generasi muda,” imbuh Husler.

Membina anggota Pramuka bukan hal mudah, tetapi perlu ilmu pengetahuan dan keterampilan. Oleh karena itu, Bupati Luwu Timur mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan bekal kepada para Mabigus Gerakan Pramuka tentang tugas dan fungsi Mabigus dalam mengelola dan memenej pendidikan kepramukaan di sekolah.

Husler mengapresiasi pelaksanaan kegiatan orientasi yang ke II tersebut. “Saya harap orientasi ini semakin mendorong perkembangan Gerakan Pramuka, utamanya pada Kepala Sekolah tingkat SD, SMP/MTS, dan SMA/SMK,” katanya.

Diakhir arahannya, Husler mengatakan, di orientasi yang ke III nantinya bukan lagi kepala sekolah tapi pesertanya para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaku pimpinan Satuan Karya (Saka) Pramuka dan Camat se- Luwu Timur selaku Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran).

Setelah memberikan arahan langsung, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Luwu Timur, HM. Thorig Husler, memimpin penyalaan api unggun yang dihadiri, Kejari Luwu Timur, Kadis Pendidikan, dan Plt. Kadis PU. (hms/ikp/kominfo)

Pos terkait