SULAWESI SELATAN

Evaluasi Kinerja Pemerintahan, Wabup Ingatkan Pimpinan OPD Akurat dan Jujur

Selayar, Upeks.co.id–Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) menggelar Rapat Perampungan Laporan Evaluasi Kinerja Pemerintahan 2016-2018 di Bambu Coffe Balangsembo Kel. Putabangun, Kamis, (26/02/19).

Rapat evaluasi tersebut dipimpin Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr.H.Zainuddin, S. H., M. H.,didampingi Kepala Bappelitbangda Drs. Basok Lewa, dan dihadiri Asisten, Pimpinan OPD, Kabag, Kabid, Kasubid dan Kasubag Lingkup Bappelitbangda.

Tampak Evaluasi dilakukan dengan menggunakan indikator kinerja kunci untuk setiap pengukuran yang secara otomatis akan menghasilkan capaian kinerja masing-masing urusan yang dilaksanakan oleh OPD.

Wabup mengatakan evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah  sangat penting dilakukan dimana kepala daerah berkewajiban untuk memberikan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada pemerintah.

“Dari evaluasi ini pula kita akan melihat kinerja  penyelenggaraan pemerintahan secara total, sejauhmana perwujudan Visi Kabupaten Kepulauan Selayar khususnya dalam tiga tahun terakhir, dalam proses memang, namun pada prinsipnya telah menunjukkan keberhasilan” Jelas Wabup.

Hosting Unlimited Indonesia

Ia menambahkan guna memaksimalkan kinerja pemerintahan maka proses seperti ini  secara intens akan terus dilakukan, jika ada capaian kinerja yang jauh dari target, tentu akan dilakukan pengkajian terhadap kendala atau hambatan yang dihadapi, sehingga kedepannya bisa disempurnakan sesuai yang diharapkan.

Untuk mendukung hal tersebut Wabup berharap Pimpinan OPD masing-masing memahami tugas pokok dan fungsinya, dan berjalan sesuai dengan aturan yang ada, mengingat evaluasi ini juga merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban kepada publik.

Untuk itu wabup menegaskan kepada para Pimpinan OPD melaporkan data secara akurat, jujur, valid dan bisa dibuktikan dilapangan, serta bisa diformulasikan dengan baik dalam bentuk pertanggungjawaban, ini akan menjadi penilaian bagi mereka.

“Data akan mempengaruhi kebijakan, jadi jangan main-main dengan data, salah data, salah informasi, dan salah informasi, salah kebijakan.” Tegasnya.

Capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah dua tahun kedepan dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya sehingga prestasi yang telah dicapai dapat dipertahankan dan ditingkatkan, Tutup Wabup.(ic/sya)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top