EDUKASI BUDAYA

Dinas Perpustakaan Makassar Helat Pesta Hari Dongeng Sedunia 2019

MAKASSAR, UPEKS.co.id—Dalam rangka peringati Hari Dongeng Sedunia 2019, Dinas Perpustakaan Kota  Makassar menghelat Pesta Hari Dongeng Sedunia 2019 di Perpustakaan Umum Kota Makassar, Jl.
Lamaddukelleng No.3, Maloku, Ujung Pandang, Rabu (20/03/19).

Kegiatan ini diikuti oleh 600 peserta murid TK dan SD se-Kota Makassar yang dibagi dua sesi. Dimeriahkan oleh  komunitas pendongeng dan sejumlah penggiat literasi di Kota Makassar.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkot Makassar, Amiruddin Baso mengungkapkan, giat literasi ini akan  menjadi stimulus bagi anak di usia dini untuk tetap semangat membaca buku.
Secara berkelanjutan akan membentuk karakter anak yang cinta membaca.

“Saya berharap ini terus digaungkan. Pemimpin yang cerdas, wirausahawan yang sukses itu lahir dari anak-anak  yang gemar membaca,” katanya di sela-sela acara tersebut.

Hosting Unlimited Indonesia

Plt Kadis Perpustakaan Kota Makassar, H Muhyiddin, SE, MM, menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah program  rutin tahunan.  Sebagai bentuk apresiasi kepada para pendongeng dan wujud inklusi sosial.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan kunjungan ke perpustakaan. Harapannya, semangat membaca benar-benar  bisa tertanam ke anak-anak.

“Kita gandeng komunitas pendongeng juga. Ini sudah jadi tren, dongeng jadi wadah untuk stimulus membaca.  Bagaimana diawali dengan cerita rakyat dan selanjutnya orang tua diminta berpartisipasi untuk terus mengawal  perkembangan sang anak,” ujarnya.

Selain dongeng, kegiatan literasi lainnya yang masuk dalam program Dinas Perpustakaan Makassar tahun ini adalah meningkatkan mobilitas Perpustakaan keliling. Tahun ini ditarget bisa menyinggahi 1.000 titik.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder, kita berhasil masuk 10 besar dalam hal inklusi sosial secara nasional,” tuturnya.

Secara lebih luas, target serangkaian program Dinas Perpustakaan adalah rasio budaya membaca bisa mencapai 45% di 2019. Hasil survei budaya baca Kota Makassar di 2018 sudah berada di angka 44,14 persen. (hry).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top