ANEKA

Bahas RKPD 2020, Wabup Buka Musrenbang Kabupaten 2019

SINJAI, UPEKS.co.id–Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong, SP.,M. SP membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten  Sinjai 2019 mengenai Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Kantor Bupati Tanassang, Kamis, (28/3).

Hadir Kabid Perencanaan Makro Bappeda Provinsi Sulawesi Selatan, Ishak Amin Rusli, ST, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan  Holtikultura Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. H. Fitriani, M.P, Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Drs.Akbar, M.Si, Para Staf Ahli Sekretariat Daerah Kabupaten  Sinjai, Para Kepala Perangkat Daerah, Kabupaten Sinjai, serta Para Camat Dan Lurah se-Kabupaten Sinjai.

Kepala Bappeda Kabupaten Sinjai, Drs.Ilham Abu Bakar, MH mengungkapkan tujuan Musrenbang penyelarasan skala prioritas dan sasaran pembangunan.

“Klarifikasi usulan kegiatan yang disampaikan masyarakat, penyepakatan prioritas, sasaran, indikator, target kinerja, lokasi, kelompok sasaran, dan pagu  indikatif program/kegiatan. Adapun tujuannya yaitu tersusunnya dokumen Rancangan Kerja Pemda Sinjai 2020,” ujarnya.

Wabup Hj. Andi Kartini Ottong mengatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang yang dilaksanakan hari ini merupakan rangkaian dari tahapan Penyusunan RKPD  Tahun 2020 yang telah diawali dengan penyelenggaraan Musrembang tingkat Desa/Kelurahan, dan musrenbang tingkat Kecamatan.

Hosting Unlimited Indonesia

“Dalam tahapan tersebut Pemerintan Daerah telah menginventarisir berbagai usulan dan permasalahan yang terjadi dalam masyarakat yang selanjutnya akan  dipertemukan dengan program dan kegiatan yang telah dirumuskan,” terangnya.

Selain itu, Andi Kartini juga menyampaikan gambaran mengenai RPJMD Kabupaten Sinjai Tahun 2019-2023.

“Adapun Visi Misi yang dirumuskan dalam RPJMD adalah “Terwujudnya Masyarakat Sinjai Yang Mandiri, Berkeadilan Dan Religius Melalui Peningkatan  Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Unggul Dan Berdaya Saing”.

Pembukaan Musrenbang ditandai penyerahan usulan kegiatan ke tingkat Provinsi yang diserahkan oleh Wakil Bupati Sinjai kepada Kepala Dinas Ketahanan  Pangan, Tanaman Pangan, Dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. H. Fitriani, M.P yang mewakili Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan.

Gubernur Sulsel dalam sambutannya dibacakan Ir. H. Fitriani, M.P, dan menyampaikan, pelaksanaan Musrenbang dalam hal penyampaian RKPD 2019  merupakan salah satu agenda prioritas nasional dan terkait dengan proses perencanaan pembangunan daerah di seluruh indonesia.

Fitriani juga mengungkapkan kekagumannya terhadap Kabupaten Sinjai yang merupakan daerah 3 dimensi. “Kabupaten Sinjai merupakan salah satu daerah yang  memiliki hasil produksi pertanian dan perkebunan yang produktif, terutama di sektor pertanian Bawang Putih.

Pemprov akan berusaha memfasilitasi agar  Sinjai kelak bisa menjadi salah satu sentra penghasil bawang putih di Sulawesi Selatan, tidak hanya untuk di dalam daerah, melainkan juga untuk diekspor ke  luar negeri,” Jelasnya. (egy)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top