EDUKASI BUDAYA

28.3 UNBK SMK Berakhir, Tantangan Dunia Industri di Depan Mata

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Teori Kejuruan yang diujikan menandakan berakhirnya pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 jenjang  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Kamis, 28 Maret 2019.

Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel merilis ada 40.250 siswa SMK yang menjadi peserta UNBK tahun ini. Calon alumni SMK ini akan menghadapi tantangan  dunia industri ke depan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel, Herman membenarkan, alumni SMK menjadi penyumbang terbesar  angka pengangguran.

Hosting Unlimited Indonesia

“Data BPS memang menyebutkan alumni SMK sebagai pengangguran terbesar,” aku Herman, Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Pembinaan SMK Disdik Sulsel,  Kamis (28/3/19).

Menurutnya, Disdik Sulsel terus berupaya agar alumni SMK dapat terserap dunia industri. Salah satu caranya dengan bekerjasama dengan pelaku industri. Disdik Sulsel melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan berbagai industri. MoU tak hanya dengan industri di Sulsel.

“Industri di luar Sulsel juga ada MoU. Hal ini sudah juga disampaikan ke bapak gubernur,” terang Herman. Herman meyakini upaya yang ditempu Disdik Sulsel  akan mampu menyerap alumni SMK sehingga menekan angka pengangguran. (Asrul).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top