EDUKASI BUDAYA

AIPKI – KDI Susun Standar Nasional Pendidikan Dokter Indonesia

JAKARTA,UPEKS.co.id—Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) dan Kolegium Dokter Indonesia (KDI) gelar rapat bersama, bertempat di
ruang rapat PB IDI, Jl. Dr. Ratulangi Menteng Jakarta pusat, Minggu (17/3/2019).

Rapat tersebut membahas tentang penyusunan Standar Nasional Pendidikan Kedokteran Indonesia, Buku SNPDI ini akan mencakup standar kompetensi dan  standar pendidikan dokter yang akan di sahkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia.

Hal ini berujuk pada isu yang mengemuka akhir akhir uni yakni mengembalikan muatan biomedik dalam SNPDI yang dirasakan sangat kurang dalam SNPDI  sebelumnya.

Hadir dalam kesempatan ini, Koordinator Bidang pendidikan, Alih Teknologi dan Penelitian PB IDI, Dr. Muh Akbar, Sp.S(K), Ketua bidang riset dan publikasi  ilmiah PB IDI, Dr. Marhaen Hardjo, M.Biomed, Ph.D, Ketua AIPKI Dr. Machmud Ghaznawi, Ph.D, Sp.PA(K) dan wakil ketua KDI sekaligus pakar biomedik  Prof. Dr. Moch. Sadikin, D.Sc.

Dr. Marhaen Hardjo, dalam keterangan resminya mengatakan penguatan muatan biomedik dalam SNPDI menjadi perhatian utama. Karena kata dia, banyak  keluhan tentang lemahnya pemahaman ilmu kedokteran dasar dari dokter selama ini.

“Bahkan disinyalir ada beberapa prodi yang sudah tidak mengajarkan ilmu kedokteran dasar secara lengkap karena minimnya tenaga pengajar dalam bidang ilmu  ini. Untuk itu diharapkan, dengan duduk bersama ini, bisa menghasilkan keputusan yang bermanfaat,” terangnya. (Mimi).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top