SULAWESI SELATAN

UPZ Malua Adakan Pelatihan Jenazah, Ini Pesan Ilham Kadir

ENREKANG, UPEKS.co.id — Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang kerjasama dengan Penyuluh agama dan PHBI adakan pelatihan penyelenggaraan jenazah di Masjid Nurul Jihad, Kecamatan Malua, Enrekang.

Pesertanya adalah utusan dari masing-masing Desa yang ada di Kecamatan Malua. Mereka umumnya adalah Imam di Masjid desa masing-masing. Selain itu pelatihan ini juga diikuti oleh ibu-ibu dari berbagai kelompok pengajian di Malua.

Pelatihan tersebut juga dihadiri salah satu Pimpiman Baznas Enrekang, Dr Ilham Kadir, MA sebagai pemateri pertama dengan judul Mengurus Jenazah Sesuai Syariat.

“Sengaja saya beri judul seperti itu untuk menegaskan bahwa masih banyak orang Islam yang mengurus jenazah tidak sesuai syariat,” papar Imam Masjid Nurut Tijarah Pasar Sentral Enrekang ini.

Menurut Ilham, masih banyak praktik-praktik salah dan harus diluruskan terkait penyelenggaraan jenazah, mungkin karena ketidaktahuan mereka. Ini yang akan kita luruskan dalam pelatihan tersebut. Sebelum itu, Dr Ilham Kadir menerangkan perbedayaan antara mayat dengan jenazah.

“Kalau mayat adalah orang yang telah wafat tapi belum dimandikan, belum dikafani, dan belum disalati. Sedangkan jenazah adalah yang telah dimandikan, dikafani dan disalati,” terangnya.

Dosen STKIP Muhammadiyah Enrekang ini memgatakan, kalau masih berstatus mayat maka masih bisa tinggal menunggu keluarga atau seseorang. Tapi kalau sudah jadi jenazah maka tidak boleh lagi menunggu siapa-siapa, wajib segera dibawa kekuburan untuk dimakamkan.

Setidaknya ada 80 peserta yang memadati masjid dan khusyuk mendengar pemaparan para pemateri. Selain tata cara, diajarkan juga praktik langsung, seperti tata cara memandikan, mengafani, dan menyalati dengan menggunakan media boneka dari para pemateri.

Ilham berharap materi yang diberikan bisa diserap maksimal oleh seluruh peserta dan dapat diamalkan ditengah – tengah masyarakat. (Sry).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top